Cara Mendapatkan Uang Dengan Menyewakan Kamar di Airbnb


Cara mendapatkan penghasilan dengan menyewakan kamar atau rumah di Airbnb.
Bagi Anda yang memiliki rumah, ruang kamar didalam rumah tidak terpakai, pernahkah terpikirkan bahwa Anda dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Menyewakan ruangan dan lokasi secara online mungkin belum begitu populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun inilah peluang yang ditawarkan oleh Airbnb yang bisa dimanfaatkan sebagai satu cara  bagi warga Banyuwangi untuk mempromosikan pariwisata daerah.

Dengan menyewakan kamar atau  rumah melalui Airbnb, selain mendapatkan keuntungan finansial, sebagai tuan rumah  Anda juga dapat berperan untuk memperkenalkan budaya lokal, termasuk tempat-tempat wisata, kepada para tamu Anda.  

Airbnb adalah perusahaan  sentra pemasaran berbasis komunitas  yang memfasilitasi siapa saja untuk mendaftarkan, menemukan dan memesan akomodasi unik di seluruh dunia secara online atau melalui HP. AirBnB yang memiliki kepanjangan “AirBed & Breakfast” ini didirikan oleh  Brian Chesky ԁаn Joe Gebbia  pada  Agustus 2008 yang bermarkas di San Fransisco, California.

Situs Airbnb sendiri memiliki daftar aneka akomodasi, dari sekedar sebuah kamar layaknya kost-kostan, sampai pulau pribadi. Sesuai namanya, Airbnb memang mengawali semuanya dari sebuah tempat tidur angin.
Melalui situs Airbnb, para tamu dan wisatawan dari seluruh dunia dapat memesan tempat dari tuan rumah, menghubungkan mereka yang memiliki ruang ekstra untuk berbagi dengan mereka yang sedang mencari tempat menginap. Airbnb telah memasarkan tempat persewaan di lebih dari 30 ribu kota dan 192 negara. 

Para tamu dapat menyewa untuk semalam, sepekan atau bahkan sebulan sesuai dengan keinginannya. Harga sewa kamar atau rumah yang ditawarkan oleh para pemilik akomodasi di Airbnb cukup bervariasi, mulai dari Rp100 ribu hingga belasan juta rupiah per malamnya, tergantung lokasi. Hal ini sangat memudahkan pengunjung untuk menentukan pilihan akomodasi sesuai dengan kebutuhan dan kategori tempat yang diinginkan, termasuk pemilihan lokasi.

Dengan proses pemesanan tempat yang sangat mudah dan cara pembayaran yang aman dan bergaransi, lebih dari empat juta orang di seluruh dunia telah menggunakan Airbnb untuk memesan tempat menginap di 192 negara sejak 2008. Pilihan akomodasi yang tersedia di situs Airbnb sendiri mencapai 300 ribu. Tak hanya saat pelesir, Anda pun bisa menggunakan situs ini untuk mencari uang tambahan dengan cara menyewakan apartemen/rumah untuk wisatawan lain yang ingin datang ke negara kita. 

AIRBNB DI INDONESIA
Di Eropa dan Amerika, Airbnb memang sudah popular, sedangkan di Indonesia masih banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Meskipun demikian, pihak Airbnb melihat bahwa Indonesia merupakan sebuah pasar dengan potensi yang besar. Data Airbnb menunjukkan, pada tahun 2012 di Indonesia ada kenaikan 400%  untuk pemesanan kamar-kamar dari anggota masyarakat yang mendaftar sebagai partner Airbnb.
Tahun 2011, per malam sekitar 25 tamu yang menginap di akomodasi yang berada di Indonesia melalui Airbnb. Tahun 2012, per malam bisa mencapai 200 tamu yang menginap di Indonesia. Airbnb sendiri memiliki 230 ribu akomodasi di 192 negara dan 30 ribu kota di dunia.

Mayoritas tamu yang datang ke Indonesia berasal dari Amerika, Australia, Perancis, Kanada, Inggris, Singapura, Jerman, Belanda, Rusia, Italia, maupun domestik. Sementara orang Indonesia melakukan pemesanan melalui Airbnb meningkat 260 persen di tahun 2012. Destinasi yang diincar orang Indonesia adalah Hongkong, Kuta, Paris, Singapura, New York, Amsterdam, Roma, London, Barcelona, dan Seoul.

Di Indonesia sendiri, pada tahun 2012 lalu Airbnb sudah memiliki 1.900 daftar lokasi. Sekira 1.500 di antaranya terdapat di Bali, dengan mayoritas berada di seputar Kuta. Tamu-tamu yang berkunjung ke Indonesia dan melakukan pemesanan akomodasi melalui Airbnb berasal dari 80 negara yang tersebar di seluruh dunia. 

Lokasi tempat di Banyuwangi yang terdaftar di Airbnb.
Di Banyuwangi keberadaan Airbnb mungkin masih sangat asing, namun bukan berarti tidak ada lokasi yang terdaftar di Airbnb, meskipun jumlahnya masih relatif sedikit dibandingkan Bali. Setidaknya sampai bulan Juni lalu ada 8 lokasi tempat di Banyuwangi yang terdaftar di Airbnb. Dari 8 tempat tersebut rata-rata disewakan kurang dari Rp 200 rb/malam dan yang termahal Rp 960 ribu/malam.

Perusahaan ini menyebutkan bahwa jika Anda mempunyai tempat untuk disewakan, ini bisa menjadi aset yang menghasilkan uang. Menurut Airbnb, pemilik yang menyewakan apartemen atau rumahnya bisa mendapatkan pemasukan rata-rata sebesar 5 ribu dollar AS per tahun. Tentunya ini peluang yang tidak dapat dilewatkan begitu saja, bukan?


Tertarik untuk bergabung dengan AirBnb? Caranya sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi situsnya dan mengisi aplikasinya di SINI.

loading...

0 Response to "Cara Mendapatkan Uang Dengan Menyewakan Kamar di Airbnb"