Pemkab Banyuwangi Siapkan Beasiswa Untuk Penyandang Disabilitas


Kabupaten Banyuwangi meluncurkan beasiswa untuk penyandang disabilitas. Beasiswa tersebut memfasilitasi para penyandang disabilitas agar tetap berprestasi hingga kuliah tanpa harus memandang keterbatasan fisik.

"Kami fasilitasi beasiswa kuliah sampai selesai, dengan jurusan sesuai minat dan potensi. Ini bagian dari affirmative policy dan affirmative actionagar ke depan ada kesetaraan kemampuan bagi semua warga tanpa memandang keterbatasan fisik,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat di Surabaya, Senin (30/6/2014).

Ketua Ikatan Sarjana Nahdhotul Ulama (ISNU) Jawa Timur ini mengatakan, beasiswa yang diberikan meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup. Bagi yang memiliki prestasi apa pun baik akademik, seni dan lainnya bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa ini melalui sekolah dan desa atau lembaga terkait. Beasiswa ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM untuk menghadapi persaingan global.

"Untuk alokasi awal, kami siapkan Rp150 juta. Akan kami tambah terus. Pokoknya hak pendidikan anak-anak penyandang disabilitas harus terpenuhi. Pendidikan untuk semua, tanpa memandang latar belakang SARA dan keterbatasan fisik," ujar pria yang pernah menempuh studi singkat ilmu kepemerintahan di Harvard Kennedy School of Government, Amerika Serikat itu.

Anas mengungkapkan, berdasarkan data dari Pemkab Banyuwangi, terdapat 4.453 orang penyandang disabilitas di Banyuwangi. Jumlah tersebut tentunya menjadi PR tersendiri bagi Kabupaten yang berjuluk 'Sun Rise of Java' itu. 

"Upaya intervensi untuk penyandang disabilitas harus melampaui hal-hal yang bersifat charity atau amal, tapi sudah wajib berkonsep pemberdayaan atau empowerment, seperti beasiswa, pelatihan, dan penguatan ekonomi," papar Anas.

Okezone.com

loading...

0 Response to "Pemkab Banyuwangi Siapkan Beasiswa Untuk Penyandang Disabilitas"