Komisi IV DPR RI Siap Gelontor APBN Demi Pembangunan Di Banyuwangi


Komisi V DPR RI menilai Kabupaten Banyuwangi memiliki letak geografis yang strategis. Untuk menyokong percepatan pembangunan infastruktur di kabupaten ujung timur Pulau Jawa, pemerintah pusat saat ini serius mengkaji rancangan pembangunan sektor penunjang Bandara Blimbingsari, Pelabuhan Ketapang dan terminal terpadu antar moda.

Di sektor perhubungan udara, Banyuwangi menjadi penyokong dua bandara Internasional, yakni Bandara Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya. Sementara sektor laut menjadi penghubung Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Hal itu menjadi alasan kuat bagi pemerintah pusat untuk mendorong pertumbuhan pembangunan perhubungan.

\"Akses jalan ke bandara serta terminal integrasi moda dari pelabuhan laut dan stasiun banyuwangi baru melalui fly over ini sangat dibutuhkan dan tentu kita akan upayakan,\" ujar Michael Watimena, Ketua Komisi V DPR RI usai berkunjung ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Kamis (19/06/2014).

Pembangunan itu, kata Michael, tentu perlu dukungan dari pengambil kebijakan, yakni Dirjen Perhubungan dan Menteri Perhubungan RI. Selain guna kenyamanan para pengguna jasa transportasi, bandara dan pelabuhan di Banyuwangi juga dinilai akan membantu pertumbuhan perekonomian.

\"Kami akan membantu semaksimal mungkin untuk menganggarkan dana untuk pembangunan,\" imbuhnya.
Namun sayang, Michael yang hadir bersama sejumlah pejabat penting dari Kementrian Perhubungan dan Balai Bina Marga pusat, enggan menyebut berapa besar anggaran yang akan dikucurkan.

\"Besar anggaran nantilah kita sampaikan, yang jelas anggaran ini bukan untuk menanggung beban pembangunan daerah seperti pembebasan lahan, namun untuk membangun insfrastuktur lain yang diperlukan,\" pungkasnya.

Detik.com

loading...

0 Response to "Komisi IV DPR RI Siap Gelontor APBN Demi Pembangunan Di Banyuwangi"