50 HA Lahan Akan Dibebaskan Demi Infrastruktur Bandara Blimbingsari


Pemkab Banyuwangi bersiap membebaskan lahan seluas 50 hektar untuk dijadikan akses infrastruktur jalan menuju Bandara Blimbingsari. Anggaran kurang lebih sebesar Rp 18 miliar itu akan digelontorkan dari APBD. Nilai anggaran miliaran rupiah itu saat ini sedang diajukan dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2014.

"Anggaran kira-kira 18 miliar itu dinilai lebih efektif dan lebih murah daripada melakukan pelebaran jalan dijalur yang sekarang ada," ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (19/6/2014).

Luasan lahan 50 hektar itu diperkirakan panjangnya mencapai 3 Km dan akan menghubungkan akses menuju Bandara Blimbingsari, dimulai dari Kecamatan Banyuwangi menuju Kecamatan Rogojampi.
Menurut Bupati Anas, konsepnya akan digunakan sebagai jalan fungsional yang bisa menunjang kegiatan Internasional yang digelar oleh kota berjuluk Sunrise Of Java."Jadi jalannya bisa dipake untuk dragbike, balapan, kegiatan Banyuwangi Festival dan kegiatan lainnya.

Kalau program ini terlaksana dan saat ada kegiatan kita tidak perlu menutup akses jalan utama," imbuhnya.
Secara rancangan, wewenang pembebasan lahan berada di tangan Pemkab Banyuwangi. Sementara pelaksana pembangunan infastruktur penunjang bandara akan dialokasikan dalam program APBN. Diharapkan pelaksanaannya bisa dikerjakan tahun ini.

"Pembebasan lahan kita ajukan PAK tahun ini, jika ini beres maka dana APBN akan segera bantu untuk memuluskan program ini," tutupnya.

Detik.com

loading...

0 Response to "50 HA Lahan Akan Dibebaskan Demi Infrastruktur Bandara Blimbingsari"