TANAM POHON TREMBESI, WUJUD TERIMA KASIH MAHASISWA PENERIMA BEASISWA


Program sedekah oksigen Pemkab Banyuwangi.
Ratusan mahasiswa penerima beasiswa 'Banyuwangi Cerdas' di Kabupaten Banyuwangi menggelar aksi simpati dengan menanam 200 pohon trembesi di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kedayunan, Kecamatan Kabat.

Kegiatan yang dibiayai secara mandiri oleh Komunitas Program Banyuwangi Cerdas (KPBC) itu adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program Sedekah Oksigen dan wujud rasa terima kasih mereka pada Pemkab Banyuwangi yang telah memberikan beasiswa.

"Meski hanya berupa penanaman pohon, namun kami berharap kegiatan ini membawa manfaat yang besar bagi Banyuwangi," kata Ketua panitia penanaman pohon Hamim Tohari saat ditemui di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Sabtu (17/05/2014) sore.

Penerima program beasiswa 'Banyuwangi cerdas' yang tergabung dalam sedekah oksigen ini, kata Hamim, ialah 91 mahasiswa yang berkuliah di Universitas Negeri Jember dan 45 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember.

Mereka adalah penerima beasiswa mulai angkatan 2011 hingga 2014. Dan sebanyak 200 pohon trembesi yang mereka tanam diharapkan bisa jadi peneduh serta sumber oksigen di sepanjang jalan poros Banyuwangi.

"Pohon-pohon ini sebagai simbol harapan kami agar Pemkab Banyuwangi selalu peduli dengan dunia pendidikan, terutama bagi siswa tak mampu agar selalu bertumbuh," ungkap mahasiswa semester 6 Fakultas Syariah STAIN Jember itu.

Hamim yang berasal dari Kecamatan Tegalsari ini mengaku, dari program 'Banyuwangi Cerdas' perbulan, dirinya menerima Rp 1 juta dan itu sangat membantu keberlangsungan pendidikan dan biaya hidupnya. Meski ia miliki orangtua yang bekerja sebagai buruh tani, ia selalu mendapat nilai IPK minimal 3.0 di tiap semesternya.

"Nilai IPK minimal 3.0 itu bentuk komitmen belajar ke ortu dan Pemkab Banyuwangi yang sudah membantu saya," ungkapnya bangga.

Sementara itu Bupati Abdullah Azwar Anas mengaku bangga atas inisiatif para mahasiswa atas dukungan sedekah oksigen tersebut. Menurutnya, mahasiswa saat ini memiliki peranan yang besar dalam kemajuan daerah.

Tidak cukup hanya belajar di kampus dan melakukan aksi demonstrasi untuk mengungkapkan aspirasi, namun mereka dinilai bisa mengambil peranan nyata dengan menunjukkan kepedulian pada lingkungan sekitar.

"Kita doakan semuanya bisa berprestasi, sehingga setelah lulus nanti bisa kembali ke daerah dan bersama-sama membangun Banyuwangi," pungkas Bupati Anas yang juga ikut menanam Pohon Trambesi itu.

Detik.com

loading...

0 Response to "TANAM POHON TREMBESI, WUJUD TERIMA KASIH MAHASISWA PENERIMA BEASISWA"