Punya 3 Sekolah Pilot, Banyuwangi Menjadi Pusat Pendidikan Pilot Indonesia


Bandara Blimbingsari, Banyuwangi akan dipakai untuk sekolah pilot Mandiri Utama Flight Academy (MUFA). Sebelumnya telah berdiri Bali International Flight Academy (BIFA) tahun 2009, dan Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) tahun 2011 yang lalu berubah menjadi Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang (LP3).

Dengan demikian, jika MUFA jadi berdiri, maka sekolah tersebut akan menjadi sekolah pilot ketiga yang ada di Banyuwangi.

Menurut Andi Hendra Suryaka, Kepala Bandara Blimbingsari, Selasa (6/5/2014), saat ini izin dari Kementerian Perhubungan RI untuk MUFA sudah diterbitkan.

"Saat ini memenuhi syarat untuk melengkapi menjadi sekolah pilot seperti pengadaan pesawat latih dan gedung sekolah. Targetnya sih tahun depan sudah mulai dibuka pendaftaran siswa penerbang di Blimbingsari," kata Andi.

Menurut Andi, untuk sementara MUFA telah menyiapkan dua jenis Cessna 172 untuk diletakkan di Banyuwangi.

"Nanti kami akan melakukan evaluasi apakah masih ada kemungkinan sekolah penerbangan yang lain. Karena saat ini ada sekitar 200 movement per hari dari pengawasan petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Bimbingsari. Termasuk pergerakan pesawat komersial dua maskapai yaitu Wings Air dan Garuda Indonesia serta dari pesawat BIFA dan LP3 Banyuwangi," kata Andi.

Kompas.com

loading...

0 Response to "Punya 3 Sekolah Pilot, Banyuwangi Menjadi Pusat Pendidikan Pilot Indonesia"