Pertahankan Opini WTP, BPK Nilai Laporan Keuangan Banyuwangi Sempurna


Kabupaten Banyuwangi berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) murni dari Badan , Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2013. WTP Murni merupakan level tertinggi dalam pelaporan keuangan. Pasalnya, opini WTP Murni ini menunjukkan akuntabilitas APBD yang semakin baik. Pada 2012 LKPD Banyuwangi juga mendapat opini WTP murni dari BPK.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, opini dari BPK ini menunjukkan pengelolaan keuangan Banyuwangi sangat akuntabel dan kredibel. BPK menilai pengelolaan APBD Banyuwangi dengan 3 parameter yaitu akuntabel, transparan, dan partisipatif sudah menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan daerah Banyuwangi sangat baik.

"Ini berarti parameter akuntabel terpenuhi, APBD bisa dipertanggungjawabkan dengan baik," ungkap Bupati Anas usai menjadi pembicara Nasional Economic 2014 di Gedung WTC lantai 3, Surabaya, Minggu (11/05/2014).

Menurut Anas, parameter transparan menunjukkan proses penganggaran yang terbuka, sedangkan parameter partisipatif diwujudkan dengan pengakomodasian opini kritis publik dalam penganggaran. Parameter partisipatif juga ditunjukkan dengan pelibatan publik dalam penyusunan anggaran dan perencanaan pembangunan.

"Soal transparansi dan partisipatoris ini juga sudah diakui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas di mana Banyuwangi dinobatkan sebagai daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik," ucap Anas yang  juga mantan anggota DPR RI itu.

Ia berharap kinerja tersebut dapat dipertahankan pada tahun-tahun mendatang dan tidak mudah memperbaiki pengelolaan keuangan daerah Banyuwangi karena pada tahun-tahun sebelumnya pernah dinyatakan "disclaimer" oleh BPK karena pengelolaan keuangannya saat itu sangat buruk.


Sementara itu, data di BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur mencatat adanya peningkatan jumlah kabupaten/kota di Jatim yang mendapatkan opini WTP untuk laporan keuangannya, namun masih banyak daerah yang mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).

Detik.com, Republika.co.id

loading...

0 Response to "Pertahankan Opini WTP, BPK Nilai Laporan Keuangan Banyuwangi Sempurna"