Mahasiswa UNESA Kuliah Luar Kelas Di Kantor Bupati Banyuwangi


Jarang terjadi kantor pemerintahan dijadikan tempat kuliah mahasiswa. Paling banyak adalah kunjungan para mahasiswa, yang studi banding ataupun belajar ilmu pemerintahan ketika mengunjungi kantor pemerintahan. Namun berbeda di Kantor Pemkab Banyuwangi.

Tempat kantor bupati ini dijadikan sebagai ruang kuliah oleh ratusan mahasiswa jurusan Administrasi Pembangunan dan Administrasi Keuangan Negara, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Kedatangan ratusan mahasiswa UNESA ini, dalam rangka melakukan perkuliahan luar kelas. Mereka menunjuk Banyuwangi sebagai tempat kunjungannya, lantaran Kabupaten berjuluk 'Sunrise of Java' ini dianggap memiliki segudang prestasi di bidang pemerintahan.

"Banyuwangi sangat jauh dari ibukota negara, dan dari ibukota provinsi. Daerahnya juga diliputi pegunungan dan hutan. Namun kondisi tersebut tidak menghalangi Banyuwangi menjadi daerah terbaik bahkan menjadi daerah terbaik dibidang perencanaan pembangunan dari Kementrian," kata Dosen Pendamping sekaligus pengajar di jurusan Administrasi Pembangunan dan Administrasi Keuangan UNESA, Tauran, Ssos, Msoc.Sc kepada detikcom, Selasa (6/5/2014).

Menurutnya, secara khusus mahasiswa UNESA diharapkan bisa mempelajari secara langsung tentang administrasi pembangunan dan administrasi keuangan dari Pemkab Banyuwangi.

"Kami ingin menunjukkan pada mahasiswa bahwa teori yang dipelajari selama perkuliahan ada implementasinya dan di Kabupaten Banyuwangi terimplementasi dengan baik. Kami berharap bapak-ibu dapat memberikan ilmunya bagi mahasiswa kami," harap Tauran.

Sementara Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra, Wiyono mengatakan selama 4 tahun ini, Banyuwangi terus berkembang. Posisi Banyuwangi yang jauh dari pusat pemerintahan dilipat dengan pengoperasionalan penerbangan komersil di Bandara Blimbingsari.

Bersamaan dengan pengoperasian bandara, fasilitas infrastruktur terus dibenahi baik jalan, maupun infrastruktur penunjang industri.

"Langkah pertama yang dilakukan Bupati Abdullah Azwar Anas adalah menghidupkan Bandara untuk melipat jarak Antara Banyuwangi dengan berbagai kota besar di Indonesia. Sementara investasi yang masuk ke Kabupaten Banyuwangi meningkat tajam. Investasi naik sampai 1200 pesen pada 2013 dibandingkan pada tahun 2010," imbuh Wiyono.

Di bidang pemerintahan juga mengalami pembenahan. Kinerja birokrasi pemerintahan mendapatkan penghargaan dari Kemendagri dengan masuk 20 besar Kabupaten dengan kinerja sangat tinggi dari 511 kabupaten/kota di Indonesia.

Selain itu Banyuwangi juga mendapat Pangripta Nusantara Utama sebagai daerah dengan perencanaan terbaik nomer 2 di Indonesia dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Bappenas RI.

Detik.com

loading...

0 Response to "Mahasiswa UNESA Kuliah Luar Kelas Di Kantor Bupati Banyuwangi"