INOVASI MAKANAN SERBA KANGKUNG DARI BANYUWANGI


Biasanya mi dibuat dari tepung terigu. Kali ini berbeda karena mi berbahan dasar kangkung yang disajikan dengan kuah kental serta potongan ayam. 

Tahukah Anda, kangkung tidak sekadar menjadi pelengkap hidangan atau lalapan? Di tangan warga Banyuwangi, Jawa Timur, kangkung bisa disulap menjadi cake mi dan makanan kering.

Hamparan kebun kangkung bisa Anda temui di Kelurahan Penatap, Banyuwangi, Jawa Timur. Kangkung dengan hasil melimpah sudah lama menjadi penghasilan menetap warga Penatap. Setiap harinya ribuang kangkung dihasilkan oleh warga ini.

Hasil panen tidak hanya dipasarkan di Banyuwangi, tetapi ke luar pulau di Indonesia, seperti Bali. Sayangnya, hasil panen kangkung yang melimpah belum dimanfaatkan secara maksimal.

Warga yang bekerja sebagai buruh pengikat pun hanya mendapatkan penghasilan yang jumlahnya tidak seberapa.  Bayangkan, bila berhasil mengerjakan 200 ikat kangkung, mereka hanya mendapatkan upah Rp3.000. 

Inilah yang mendorong Heni Wahyudi membuat ide inovatif berupa makanan yang terbuat dari kangkung. Padahal, kangkung biasanya hanya dijadikan bahan baku untuk tumisan, gado-gado, atau sebatas lalapan.

Perempuan 34 tahun ini ingin nilai ekonomisnya naik sehingga bisa menambah penghasilan warga. Tiga tahun lalu, Heni menemukan kreasi inovatifnya yang belum pernah terpikirkan banyak orang, di antaranya dawet atau cendol kangkung, cake, bakpao, nasi goreng serta aneka makanan kering semacam bagea ataupun kerupuk berbahan kangkung.

“Itu dari inisiatif kelompok kami, Kelompok Tani Setingkes. Kami melihat potensi kangkung banyak dan tertantang membuat olahan dan inisiatif dan pertama kali kita membuat mi kangkung,” ucap Heni.

Dirinya mengaku tidak mengalami kesulitan dalam membuat produk dari kangkung karena resepnya adalah resep umum, hanya kemudian ditambahkan kangkung segar. Prosesnya dimulai dari memblender kangkung, meraciknya dengan bahan-bahan lain, lalu merebus atau mengukus dan menggorengnya untuk dijadikan makanan kering.

Setiap harinya, Heni bersama ibu-ibu warga sekitar aktif membuat berbagai makanan berbahan kangkung segar. Ramainya pembeli membuat dirinya membuka outlet di depan rumah agar pembeli bisa langsung memesan kreasi makanan berbahan kangkung ini.

Okezone.com



loading...

0 Response to "INOVASI MAKANAN SERBA KANGKUNG DARI BANYUWANGI"