CAPUCCINO CINCAU, RASA DAN PELUANG BISNISNYA SAMA-SAMA MANIS


Peluang usaha rumahan capucino cincau alias capcin.
Minuman ringan capucino cincau atau biasa disebut capcin, yang merupakan perpaduan antara capucino dan cincau yang disajikan menggunakan gelas plastik, kini sedang menjadi tren dimana-mana. Selain di pusat-pusat perbelanjaan, belakangan gerai capcin juga bermunculan di pinggir-pinggir jalan. Penggemarnya nya pun terbilang banyak. Kandungan kafein ringan di cappuccino dan manfaat yang terkandung di cincai hitam dipercaya bisa meredakan panas dalam, memberikan efek menyegarkan sekaligus menyehatkan. Terlebih harga jualnya sangat terjangkau. 

Lantaran mudah diterima oleh lidah masyarakat, banyak pelaku usaha makanan dan minuman yang melirik usaha ini. Tak pelak, gerai yang menyajikan minuman capcin ini kian menjamur dan mudah dijumpai di berbagai sudut kota, termasuk di Banyuwangi. Meskipun pemain bisnis ini sudah banyak, tapi para pelaku baru terus bermunculan dengan penawaran kemitraan usaha dengan modal yang relatif terjangkau.

Banyaknya pemain dalam bisnis ini menunjukkan bahwa capcin mempunyai peluang bisnis yang luar biasa. Hal ini tidak lepas dari berbagai kelebihan bisnis capcin ini, diantaranya  :
-  Modal yang relatif kecil. Umumnya modal yang diperlukan sekitar 5 jutaan atau bahkan kurang. Besarnya modal ini tergantung jenis paket yang ditawarkan dan kelengkapan usaha. Bahkan ada yang menawarkan kemitraan dengan modal kurang 2juta, yang terakhir ini biasanya berupa perlengkapan bahan baku dan peralatan minimal untuk mengolah capcin, tanpa disertai booth untuk berjualan.
- Tidak membutuhkan tempat khusus, seperti mall, tapi bisa dijajakan di daerah perumahan, sekolahan atau bahkan pinggir jalan. Yang penting lokasinya strategis.
- Tidak dikenakan fee royalty dari penjualan, tapi mitra hanya diwajibkan membeli semua bahan baku dari pusat.
- Harga jual yang relatif terjangkau, yaitu rata-rata dijual Rp 5-6 ribu per cup.
- Mempunyai banyak varian rasa, sehingga konsumen tidak mudah bosan karena mempunyai banyak pilihan rasa.
- Target balik modal (break event point) yang cepat. Dengan perhitungan moderat penjualan rata-rata 30-40 cup capcin per hari, maka omzetnya sekitar Rp 4,5 juta sampai Rp 6 juta per bulan. Setelah dikurang biaya bahan baku, gaji karyawan, sewa tempat, serta biaya operasional lainnya, mitra bisa mengantongi laba bersih sekitar 35%. Sehingga dengan target tersebut, mitra sudah bisa balik modal 2-3 bulan saja. Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis ini.                   

CAPCINWOW
 Salah satu pemain bisnis ini adalah Dwi Cahyo Purnomo yang mengusung brand Capcin Wow di Kediri, Jawa Timur.  Capcin Wow memiliki puluhan mitra di berbagai kota di Pulau Jawa maupun luar Jawa, termasuk di Banyuwangi.

Dalam kerjasama kemitraan ini, Dwi menawarkan dua paket investasi senilai Rp 3,8 juta dan Rp 4,2 juta. "Paket Rp 4,2 juta dapat gerobak roda tiga yang bisa dibawa mobile," kata Dwi.

Selain gerobak, mitra juga mendapat fasilitas peralatan lengkap, banner, seragam, bahan baku untuk 200 cup, dan standar operasional prosedur (SOP). Jadi, mitra tinggal menyediakan karyawan dan tempat berjualan.
Ada lima aneka pilihan mulai original cappucino cincau, chocomix cincau, mocca cincau, vanilla sky cincau, dan hazelnut cincau dengan harga mulai Rp 3.500 per cup. Harga  ini adalah batas harga terbawah.

Dengan harga itu, mitra bisa mendapat keuntungan lumayan. "Satu cup, biaya produksinya Rp 1.700," jelasnya. Bila mitra bisa menjual minimal 30 cup per hari, balik modal bisa 4 bulan.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs Capcinwow.

DE CAPUCCINO CINCAU

Sama seperti Capuccino Wow, De Capuccino Cincau yang berpusat di Jakarta ini juga menawarkan kemitraan minuman cappucino cincau. 

Ada dua paket yang ditawarkan, yaitu paket Gerobak Silver senilai Rp 6 juta, dan Gerobak Hitam Rp 7 juta. Masing-masing paket tersebut mempunyai kelengkapan yang sama, hanya beda model gerobak/boothnya.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di situs De Capuccino Cincau.


Anda berminat ?

loading...

0 Response to "CAPUCCINO CINCAU, RASA DAN PELUANG BISNISNYA SAMA-SAMA MANIS"