UNAIR BANYUWANGI AKAN MENERIMA 200 MAHASISWA BARU UNTUK 4 PRODI


Kampus Unair di Banyuwangi
Rencana pembukaan Universitas Airlangga Kampus Banyuwangi akan terealisasi pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut diungkapkan Dwi Yanto, Plt Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Dwi Yanto, saat sosialisasi Unair Kampus Banyuwangi yang diikuti oleh ratusan siswa/siswi kelas 3 SMU, SMK dan Madrasah Aliyah (MA) se-Banyuwangi, Senin (27/4/2014) di Pendopo Shaba Swagata.

Dia mengatakan akan ada empat program studi yang akan dibuka di Banyuwangi yaitu Kedokteran Hewan, Budidaya Perikanan, Kesehatan Masyarakat dan Akutansi. 
"Empat program tersebut dipilih agar tidak mengganggu program studi milik perguruan lain yang sudah ada di Banyuwangi," ujarnya.

Program Kedokteran Hewan dibuka karena Banyuwangi merupakan wilayah agraris, sedangkan Budidaya Kelautan dimasukkan karena potensi kelautan Banyuwangi yang cukup tinggi.

"Kalau program Kesehatan Masyarakat dan Akuntasi diharapkan agar ada tenaga ahli di bidang kesehatan dan juga pengembangan industri di Banyuwangi yang cukup pesat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Sosialisasi Unair, Tjijiek Srie Tjahjandaire Ph.D, menjelaskan pada angkatan pertama ini setiap prodi hanya akan menerima 50 mahasiswa. Sehingga total ada 200 mahasiswa baru yang akan diterima. Mekanisme penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui seleksi bersama mahasiswa perguruan tinggi negeri (SBMPTN) secara nasional pada Juli 2014.

"Unair Banyuwangi telah masuk di laman SBMPTN nasional. Secara teknis prodi yang ada di Banyuwangi adalah prodi diluar domisili (PDD) yang memiliki kode sendiri, jadi kita perlu sosialisasikan agar tidak keliru saat memilih antara Unair Surabaya dan Unair Banyuwangi ketika mendaftar SBMPTN," urai Tjijik.

Tjijik melanjutkan, tidak akan ada perbedaan proses perkulihaan antara Unair Surabaya dan Unair Banyuwangi. Setelah menjadi mahasiswa Unair Banyuwangi maka mahasiswa tersebut mendapatkan hak dan kewajiban yang sama seperti mahasiswa Unair Surabaya.

"Basis kami bukanlah banyaknya mahasiswa ataupun prodi namun basis kami adalah exellence with morality yang menekankan standar mutu tinggi dan keunggulan pada setiap proses perkuliahan. Ini juga akan melekat di Banyuwangi," ujar Tjijik.

Nantinya di setiap program studi akan disediakan minimal enam dosen serta dosen tamu dari Surabaya.
"Jumlah dosen akan disesuaikan nanti. Sedangkan pembukaan akan dimulai pada 12 Mei hingga 6 Juni 2014 dan ujiannya pada tangga 17 Juli 2014," pungkasnya.

Kompas.com, Detik.com

2 Responses to "UNAIR BANYUWANGI AKAN MENERIMA 200 MAHASISWA BARU UNTUK 4 PRODI"