TELITI PENGELOLAAN LIMBAH HASIL INDUSTRI, DR. HERDIANA DYAH SUSANTI LULUS CUMLAUDE


Dosen Universitas 17 Agustus (Untag) Banyuwangi, Dr. Herdiana Dyah Susanti, ST., MT., telah menyelesaikan program pendidikan doktornya di Program Pendidikan Doktor Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB). Ia dinyatakan lulus setelah melewati ujian terbuka yang digelar Senin (14/4), di Aula Prof Ir Suryono Lantai 2 Gedung Dekanat FT-UB.  Mahasiswa angkatan 2011 ini dinyatakan lulus oleh tim penguji dengan predikat cumlaude. Disertasi yang disusun oleh alumni Universitas Surabaya ini mengangkat judul "Alternatif Model Extended Producer Responsibility (EPR) pada Pengelolaan Limbah Hasil Industri Pengalengan Ikan dengan Konsep Green Manufacturing dan Corporate Social Responsibility(CSR)".

Ujian terbuka berlangsung lancar. Promovenda mempersiapkan ujian kali ini dengan matang, terbukti pertanyaan-pertanyaan dari tim penguji berhasil dijawab dengan baik. Bertindak selaku tim penguji ujian terbuka kali ini adalah Prof. Dr. Ir. Rudy Soenoko, M.Eng.Sc dari Teknik Mesin FT-UB, Sugiono ST., MT., Ph.D dari Teknik Industri FT-UB, Prof. Dr. Surachman, MSIE. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB), dan penguji tamu Prof. Dr. Ir. Abraham Lomi, MSEE. dari ITN Malang.

Sementara bertindak selaku promotor bagi dosen Program Studi Teknik Industri Untag Banyuwangi ini adalah Prof. Dr. Ir. Pratikto, MMT. Sedangkan Prof. Ir. Sudjito Soeparman , Ph.D dan Ir. Fuad Achmadi, M.Sc, Ph.D bertindak selaku ko-promotor

Penyusunan disertasi ini dilatar belakangi oleh keinginan promovenda untuk menerapkan EPR pada perusahaan pengalengan ikan di Banyuwangi untuk mempromosikan perbaikan lingkungan. Salah satu bentuk kebijakan program EPR dalam perbaikan lingkungan adalah memasukkan biaya EPR ke dalam harga produk baru. Penerapan kebijakan tersebut menuntut perusahaan pengalengan ikan harus mempunyai kemampuan dalam melaksanakan green manufacturing dan CSR, sehingga perusahaan dapat memiliki kemampuan dalam mengeluarkan dan meminimalkan cost EPR.

Dari hasil penelitian, dengan adanya temuan model EPR pada pengelolaan limbah hasil industri pengalengan ikan dengan konsep green manufacturing dan CSR ini, dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mengeluarkan dan meminimalkan cost EPR, masukan bagi regulator dalam menentukan model EPR pada pengelolaan limbah hasil pengalengan ikan dengan pendekatan green manufacturing dan CSR, dan bahan pertimbangan dalam memperoleh informasi mengenai aplikasi model EPR di perusahaan pengalengan ikan sebagai salh satu pedoman untuk memutuskan investasi bagi investor dan calon investor.

Usai pengumuman hasil ujian terbuka, promotor mengapresiasi perjuangan promovenda dalam menyelesaikan pendidikan doktor yang ditempuhnya. Ia menceritakan kepada para hadirin bahwa selama ini promovenda melaksanakan bimbingan dengan sangat giat dan gigih. Tak jarang ia harus menempuh perjalan jauh pulang pergi dari Banyuwangi ke Malang untuk melakukan bimbingan dengan para dosen pembimbing yang tentunya jarang memiliki waktu luang. Namun, hasilnya telah ia rasakan saat ini.

Ketua Sidang Ujian Disertasi Terbuka sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Doktor Teknik Mesin, Prof. Ir. I Nyoman Gede Wardana, M.Eng., Ph.D, memuji peningkatan kemampuan akademis promovenda. "Manusia cerdas itu tergolong dua, yaitu kecerdasan statik dan kecerdasan dinamik. Saya melihat promovenda ini termasuk dalam kategori kecerdasan yang kedua dimana kecerdasannya selalu meningkat," pungkas guru besar FT-UB ini.

Prasetya.ub.ac.id

loading...

0 Response to "TELITI PENGELOLAAN LIMBAH HASIL INDUSTRI, DR. HERDIANA DYAH SUSANTI LULUS CUMLAUDE "