PERPUSTAKAAN BANYUWANGI KINI DILENGKAPI LAYANAN DIGITAL


Layanan digital perpustakaan daerah Kabupaten Banyuwangi.
Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan daerah, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, memanfaatkan teknologi informasi untuk layanan digital bagi masyarakat.
Layanan digital perpustakaan yang diluncurkan Bupati Abdullah Azwar Anas, Selasa (15/4/2014) ini, mulai dari e-katalog, kartu anggota online, hingga sistem peminjaman buku koleksinya. Mulai cara meminjam buku, katalog buku, pembuatan daftar nama anggota perpustakaan serta e-book bisa diakses melalui internet dengan membuka website perpusda.banyuwangikab.go.id.

Saat peluncuran layanan ini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan pemanfaatan teknologi informasi sebelumnya telah digunakan pada beberapa sektor lain, seperti pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

"Pendekatan teknologi harus terus didorong untuk meningkatkan pelayanan kepada publik, termasuk dalam hal membaca yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," katanya.

Menurut bupati, banyak e-book bertemakan tentang Banyuwangi yang menjadi koleksi perpustakaan, mulai dari sastra, biografi, sejarah, hingga pariwisata.

"Dengan angka kunjungan pembaca sekitar 150 orang per hari, saat ini masyarakat lebih dimudahkan mengakses perpustakaan lewat internet. Tinggal membuka telepon seluler pintar (smartphone) sudah bisa mengetahui sejarah Banyuwangi. Begitu juga dengan anak-anak pelajar yang ingin mengetahui sejarah pahlawan Banyuwangi, cukup lewat ponselnya," ujar Abdullah Azwar Anas.

Saat ini, Perpustakaan Daerah Banyuwangi memiliki koleksi sekitar 35.000 buku, mulai dari ensiklopedia anak, rohani hingga buku pengetahuan umum dan pelajaran sekolah.

Selain membuka pelayanan di kantor, perpustakaan daerah juga memberikan layanan pembaca keliling dengan enam unit mobil dan 30 unit sepeda motor.

Mobil perpustakaan keliling beroperasi setiap hari di sekitar ruang-ruang publik dan keramaian di berbagai kecamatan secara bergilir, sedangkan perpustakaan sepeda motor memberi pelayanan hingga ke desa-desa dan puskesmas.

Mobil perpustakaan juga disiagakan di sejumlah daerah potensi wisata. Semisal, Pantai Boom dan Pulau Merah. Hal itu dilakukan agar dorongan minat baca pada warga serta pengunjung wisata bisa lebih kuat.

"Di lokasi wisata juga kita siagakan. Jadi tidak semata mata hanya liburan tapi juga bisa sambil baca buku. Mendorong minat baca supaya lebih kuat," pungkasnya.

Antarajatim.com, Detik.com

loading...

0 Response to " PERPUSTAKAAN BANYUWANGI KINI DILENGKAPI LAYANAN DIGITAL"