MANGGIS DAN KELAPA BANYUWANGI TEMBUS PASAR JEPANG DAN THAILAND


Manggis dan kelapa Banyuwangi tembus pasar eksport.
Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah salah satu daerah penghasil buah dengan kualitas bagus di Indonesia. Buah-buahan andalannya adalah buah naga, jeruk, manggis dan kelapa.

Manggis dan kelapa produksi setempat telah diekspor rutin ke Jepang dan Thailand. Manggis, meski hanya per musim, namun bisa diekspor hingga 2 kontainer atau sekitar 40 ton.

"Manggis diekspor ke Jepang, ada sekitar 2 kontainer, tapi memang per musim saja," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (17/4/2014)

Sementara kelapa secara rutin diekspor ke Thailand sebanyak 30 kontainer per minggu (1 kontainer = 20 ton). Peningkatan ekspor ini terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

"Kelapa setiap minggu itu kita ekspor 30 kontainer," imbuhnya.

Azwar mengakui kelemahan hasil produksi dalam negeri masih berkaitan dengan kemasan. Para petani harus diberikan pengetahuan untuk membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

"Kita lemah di packaging, lemahnya kita ini di sektor pertanian itu. Maka itu sekarang melatih membuat pelatihan kemasan untuk bisa jalan," jelasnya

Sektor pertanian menjadi fokus Azwar sejak menjabat sebagai bupati beberapa tahun lalu. Ia melakukan perbaikan dari sisi infrastruktur dasar seperti irigasi. Kemudian juga dilakukan aksesibilitas kredit perbankan dan perusahaaan ritel.

"Kita mengharapkan ini mampu meningkatkan konstribusi untuk pertumbuhan ekonomi," kata Azwar





loading...

0 Response to "MANGGIS DAN KELAPA BANYUWANGI TEMBUS PASAR JEPANG DAN THAILAND"