Evi Handayani, Joki Spesialis Medan Menantang


Jalur menuju ke Pantai Sukamade di Banyuwangi memang ngeri-ngeri seru. Selain jalannya bebatuan, juga harus menyeberangi sungai. Dibutuhkan seorang driver jagoan untuk mengarunginya.

Wisatawan yang ingin menyaksikan penangkaran penyu atau penyu bertelor tak perlu bersedih karena tidak membawa kendaraan pribadi. Di Banyuwangi, berjibun kendaraan 4x4 yang setiap saat bisa disewa, tentunya plus pengemudinya.

Diantara puluhan joki kendaraan 4x4 itu yang paling mencolok adalah Evi Handayani. Perempuan berusia 41 tahun ini memang juga ready untuk mengantar wisatawan menikmati perjalanan di Taman Nasional Meru Betiri yang penuh view eksotis.

Evi mengaku sudah 7 tahun menggeluti profesinya. Ia mengaku tak gentar meski rute yang dilalui penuh dengan tantangan dan risiko. "Saya tetap harus waspada, keselamatan penumpang tetap nomor satu," kata Evi kepada detikcom, pekan lalu saat mengantar ke Sukamade.

Kisah Evi bergelut dengan dunia pariwisata memang tidak singkat. Sebelum berpisah, ia dan suaminya sudah menjalani usaha biro travel di Bumi Blambangan itu. Pengalaman mengantar wisatawan ke sejumlah destinasi membuatnya makin menjadi tertantang.

"Tidak hanya keliling Banyuwangi, ke Bromo hingga Yogya saya kemudikan sendiri," tambah Evi yang mulai menerjuni dunia joki kendaraan setelah berpisah dengan suaminya itu.

Yang pasti, ibu tiga anak ini siap mengantar kemanapun wisatawan yang menyewanya. "Saya happy saja, yang penting dapur tetap mengepul," katanya dengan tertawa.

Evi pun membuka rahasia untuk bisa menjaga stamina selama menjalankan tugas. Resep yang terpenting kata dia, memahami lokasi yang dituju, konsentrasi dan istirahat yang cukup.

"Tidak boleh melamun atau begadang. Saya berusaha memberikan service yang terbaik baik wisatawan," kata Evi yang mengaku saat ini semangat mempromosikan destinasi Banyuwangi kepada wisatawan asing.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang dihubungi detikcom mengaku bangga dengan para driver kendaraan 4x4 yang selama ini memberikan informasi lengkap tentang destinasi di wilayahnya kepada wisatawan.

"Para driver itu sudah menjadi PR (Public Relation) secara tidak langsung. Kita patut mengapresiasi mereka. Terutama untuk Ibu Evi tetap semangat dan tidak menyerah, Banyuwangi pasti bangga," kata Anas, Rabu (2/4/2014).

Detik.com

loading...

0 Response to "Evi Handayani, Joki Spesialis Medan Menantang"