CARI BIBIT BERKUALITAS, BANYUWANGI GELAR KONTES DURIAN MERAH


Sebagai salah satu daerah penghasil durian merah, di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, digelar kontes. Kontes durian merah digelar oleh Forum Pemerhati Holtikultura Banyuwangi, Jumat (25/4/2014).
Kontes durian merah sekaligus untuk pencarian pohon induk berkualitas yang digelar di taman bunga milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi ini, diikuti sebanyak 20 durian merah milik petani durian Banyuwangi.

Sementara ada lagi 60 durian biasa berbagai jenis turut dicari yang terbaik juga mewarnai kontes.
"Durian merah dan biasa sudah kita seleksi. Dari 62 yang ikut sudah kita sortir menjadi 20. Sementara durian biasa dari 160 durian kita nilai 60 saja. Semuanya buah dari petani Banyuwangi," ujar Ketua Panitia Kontes Durian Banyuwangi Eko Mulyanto, Jumat (25/4/2014).

Eko mengaku, kontes ini sudah berlangsung 3 tahun ini. Untuk tahun ini, dirinya memberanikan diri melakukan kontes untuk durian merah. Sebab di Banyuwangi ada sekitar 200 durian merah berbagai jenis yang produktif.

Kedepannya, tambah Eko, pemenang kontes durian 2014 ini akan dibina oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Durian Merah Banyuwangi untuk meningkatkan dan memperbanyak bibit dan pohon duriannya.

"Hasil kontes ini, kita akan melakukan pembinaan bagi pemenang. Dan kita akan eksperimen lagi agar buah durian Banyuwangi lebih baik dan bagus," tandasnya.

Dalam kontes tersebut, panitia tidak tanggung-tanggung, juri yang dihadirkan adalah juri nasional. Mereka didatangkan dari Kalimantan Utara, Sumatra Barat, Bogor serta pemerhati durian dari lokal Banyuwangi.
Satu per satu juri mencicipi dan mengamati teksur daging durian. Ada pula yang mencium aroma durian yang disuguhkan dimeja panjang. Juri menilai kemanisan buah, kelembutan tekstur buah, aroma dan jejak rasa dari buah durian tersebut.

"Yang pertama harus manis, tekstur buah lebut, ketebalan dan kalau kita meminjam bahasa rasa kopi itu, after taste atau jejak rasa di tenggorokan itu masih ada rasa manis dan gurihnya durian," ujar Setiawan Subekti, salah satu juri kontes durian.

Detik.com









loading...

0 Response to "CARI BIBIT BERKUALITAS, BANYUWANGI GELAR KONTES DURIAN MERAH"