Pulau Merah, Wisata Pantai Yang Akrab Dengan Kegiatan Keagamaan


Pantai Pulau Merah di Banyuwangi bagi warga Jatim ibaratnya sebagai Kuta Bali. Pantai yang rampai dikunjungi wisatawan ini juga menjadi lokasi upacara keagamaan.

Ribuan umat hindu yang sedang upacara penyucian diri dan larung sesaji Melasti di pantai yang berada di Kecamatan Pesanggaran, itu cukup khidmat meski berada di lokasi wisata.

Prosesi Melasti itu digelar untuk menyambut datangnya Hari Raya Nyepi yang akan diperingati Selasa (31/3) mendatang. Sebelum larung sesaji, mereka mengawali melasti dengan sembahyang di Pura Segara Tawangalun, Minggu (23/3/2014). Pura itu sendiri hanya berjarak 20 meter dari pantai Pulau Merah.

Suminto selaku Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banyuwangi menjelaskan melasti merupakan penyucian diri untuk menyucikan buana alit atau micro cosmos dan buana agung atau macro cosmos.

Setelah memanjatkan doa bersama, ribuan umat hindu itu beramai ramai mandi di Pantai Pulau Merah sebagai simbol peleburan dosa. Laut digunakan sebagai tempat melasti karena dipercaya bisa melebur 'kekotoran yang ada di alam dan diri manusia.

"Tujuannya agar kita mendapatkan penyucian diri dari tirta (air suci) yang kita dapat dari melasti ini, supaya kita bisa melebur kekotoran dalam diri kita," kata Suminto pada detikcom saat ditemui usai upacara melasti.
Selain penyucian diri, lanjut Suminto, melasti yang dipimpin langsung oleh 3 pandita Banyuwangi ini saling memanjatkan doa agar pariwisata di Banyuwangi terutama Pulau Merah bisa menapaki kesucian dan bermanfaat bagi alam semesta.

"Salah satu doa kami bisa mendorong pariwisata di Pulau Merah sehingga ditahun tahun lain, bisa menapaki kesucian dan bermafaat bagi alam semesta," imbuhnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sangat mendukung kegiatan yang digelar umat Hindhu di Pulau Merah itu. "Pemkab mendukung kegiatan itu," kata Anas di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Senin (24/3/2014).

Menurutnya refleksi penyucian diri dalam melasti ini salah satunya dengan disepakati deklarasi umat hindu untuk mewujudkan pariwisata bersih dan tanpa alkohol di Banyuwangi.

Detik.com









loading...

0 Response to "Pulau Merah, Wisata Pantai Yang Akrab Dengan Kegiatan Keagamaan"