Bupati Anas Raih Democracy Award


Bupati Azwar Anas meriah penghargaan Democracy award 2014.
Sejumlah pimpinan daerah menyabet penghargaan Manusia Bintang yang diadakan oleh sebuah media online untuk kategori Democracy Award. Satu diantaranya adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Acara penyerahan penghargaan ini digelar di Balairung Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (22/3/2014).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi salah satu kepala daerah yang menyita perhatian publik karena kebijakanya yang berani dan inovatif. Beberapa diantaranya yaitu tidak mengizinkan pembangunan mal dan retail modern di daerahnya. Pelarangan itu diterapkannya untuk menghindari kemacetan.

Selain itu, dia juga memberlakukan syarat IPK 3,5 bagi PNS dan pelarangan buah impor di kalangan pemerintah. Bahkan sampai menjenguk PNS yang sakit pun, buahnya harus yang lokal.

Anas mengatakan, penerapan kebijakan itu sudah berlangsung tiga tahun.  Menurut dia, setiap acara yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi harus menyajikan buah lokal.
"Kami sudah dorong terus, salah satunya proteksi buah lokal. Semua acara pemerintah dari bupati sampai RT/RW harus buah lokal, karena lengkap di sana. Tapi karena sudah jadi budaya, ini sudah jadi kebiasaan," kata Anas.

Dalam penerapan aturan, Anas mengaku lebih menekankan aspek budaya bukan sanksi.  Anas berharap seluruh warga Banyuwangi dapat lepas sepenuhnya dari buah-buahan impor. Bahkan, Banyuwangi berhasil mengekspor buah Manggis ke Jepang.

"PNS ini elite di kelas lokal. Ada 17 ribu orang. Kalau PNS enggak beli buah impor, masak orang kampung pakai buah impor? Kami jangan dorong sanksi, tapi budaya," ujarnya.
Dalam kesempayan yang sama, Anas mengatakan bahwa perkembangan investasi di Banyuwangi saat ini naik 200 persen dari tahun 2010 yang nilai investasinya Rp 229 miliar kini telah mencapai angka Rp 3,2 triliun.

"Kita ingin terus dorong ekonomi mikro tumbuh. Sekarang jadi Rp 4,6 triliun kreditnya. Kemarin hanya Rp 2 triliun. Tapi di saat yang sama, kita proteksi masyarakat, Alfamart dan Indomaret enggak boleh tumbuh. Mall hanya di pinggiran kota," ulas Anas yang saat itu mengenakan pakaian batik berwarna biru.

Berikut adalah daftar tokoh-tokoh penerima penghargaan Manusia Bintang dari berbagai kategori:

Kategori Lifetime Achievement:
1. Hasyim Djalal
2. Ryamizard Ryacudu

Kategori Science Achievement
Peneliti Danny Hilman Natawidjaja
Kategori Public Campaigner Achievement
Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Kategori Democracy Award
1. Kepala BNPPTKI Jumhur Hidayat
2. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
3. Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo
4. Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin
5. Bupati Kutai Timur Isran Noor
6. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
7. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas
8. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
9. Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari
10. Wali Kota Palu Rusdi Mastura
11. Wali Kota Manado Vicky Lumentut
12. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama

Sindonews.com, Detik.com












loading...

0 Response to "Bupati Anas Raih Democracy Award"