UNAIR BUKA KAMPUS DI BANYUWANGI


Universitas Airlangga (Unair) dipastikan bakal membuka kampus di Kabupaten Banyuwangi. Pemkab Banyuwangi saat ini sedang mengajukan pada Unair perihal sejumlah program studi (prodi) yang rencananya akan dibuka.

Sebagai penunjang sarana prasarana awal kegiatan belajar mengajar, Pemkab Banyuwangi telah menyiapkan 8 ruangan kelas milik gedung SMAN 1 Giri sebagai fasilitas sementara pusat kegiatan perkuliahan. Ke depan, Pemkab Banyuwangi akan menyediakan lahan seluas 100 hektar untuk fasilitas Unair cabang Banyuwangi.

"Tahun ini mulai beroperasi di Banyuwangi. Kami sudah mengajukan beberapa prodi ke Unair, untuk berapa jumlah mahasiswa yang nanti akan diterima juga masih dalam pembicaraan. Tapi secara prinsip, berapapun yang dibutuhkan Airlangga kami siap backup," ungkap Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada wartawan di ruangan kelas SMAN 1 Giri , Kamis (13/2/2014).

Mulai tahun ajaran 2014, sambung Anas, para calon mahasiswa yang berminat kuliah S1 di Unair kampus Banyuwangi sudah bisa mengikuti ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Meski saat ini prodi masih dalam pembahasan, Anas sempat membocorkan beberapa prodi yang diajukan kepada pemangku kebijakan di Unair. Beberapa prodi itu diantaranya adalah akuntansi, manajemen, pertanian, teknik perkapalan, dan beberapa prodi lainnya.

Melihat minat kaum muda Banyuwangi untuk menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sangat tinggi dan sebagai bentuk mendorong kualitas sumber daya manusia yang mampu bersaing secara kualitas, Anas berharap 50 persen kuota bangku belajar di Universitas Airlangga bisa diprioritaskan pada putra daerah Banyuwangi.

Sebagai tahap tindak lanjut kerjasama dengan Unair, pekan depan Pemkab Banyuwangi akan berkunjung kembali ke kampus unggulan kota Surabaya tersebut.

"Rabu minggu depan kita ke kampus Unair lagi, akan ada keputusan yang lebih final," pungkasnya.

Detik.com

loading...

0 Response to "UNAIR BUKA KAMPUS DI BANYUWANGI"