SURVEI : TAMAN NASIONAL BALURAN DAN ALAS PURWO ADALAH TAMAN FAVORIT PETUALANGAN DI INDONESIA


Taman nasional kini bukan lagi sekedar tempat meneliti flora dan fauna. Sudah banyak traveler yang bertualang dan menjelajahi taman nasional. Inilah 5 taman nasional favorit traveler Indonesia.

detikTravel pada Selasa-Rabu, 25-26 Februari menggelar survei Twitter mengenai 5 taman favorit traveler Indonesia. Hasilnya, ada Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Komodo, serta Taman Nasional Alas Purwo.


Asal tahu saja, tiap-tiap taman nasional tersebut punya panorama alam yang berbeda satu sama lain. Mari lebih kenal dengan 5 taman nasional favorit traveler Indonesia:

TAMAN NASIONAL BALURAN
Suasana gersangnya savana yang membalut Taman Nasional Baluran di Kabupaten Situbondo, Jatim membuatnya pantas menduduki juara pertama dalam survei, dipilih 20 persen responden. 'Afrika' dari Jawa ini memang mengunggulkan padang savana sebagai ciri khas untuk mendatangkan turis di lahan seluas 20 hektar.


Untuk melihat padang savana di sana, wisatawan harus menempuh dahulu jalanan sejauh 12 kilometer dari gerbang TN Baluran. Nantinya kawanan monyet-monyet liar, rusa dan banteng yang hidup bebas di sana akan menyambut Anda. Selain itu, di balik kehidupan hutan rimba ada Pantai Bama yang biru jernih juga mencuri perhatian wisatawan.

TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU
Gunung Bromo dan Gunung Semeru yang bernaung di TN Bromo Tengger Semeru, juga sebagai ikon wisata Jawa Timur punya keindahan yang tak terbantahkan. Nyatanya sebanyak 18 persen responden detikTravel di Twitter memilih taman nasional ini jadi favorit kedua petualang Indonesia. Taman nasional ini bernaung di Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang.

Selain punya dua gunung yang paling eksis di Jawa Timur tersebut, TN Bromo Tengger Semeru punya ratusan spesies flora dan fauna langka. Sudah 32 tahun taman nasional ini memikat para petualang. Yang tak boleh dilewatkan adalah kecantikan Ranu Kumbolo di Semeru, Air Terjun Madakaripura dan lautan pasir punya Bromo.

TAMAN NASIONAL UJUNG KULON
Menjadi rumahnya badak bercula satu, TN Ujung Kulon di ujung barat Jawa jadi juara 3, dipilih sebanyak 12 persen petualang. Sayangnya, traveler yang liburan ke sana bakal susah menjumpai badak. Sebab kalau sudah mencium bau manusia, badak-badak otomatis bersembunyi. Tapi traveler bisa melihat jejak badak di tanah saja.

TN Ujung Kulon punya hutan mangrove yang amat lebat. Sekarang binatang yang gampang ditemui di sana yaitu burung, reptil, elang Jawa, lutung, monyet ekor panjang. TN Ujung Kulon juga menawarkan pantai jernih, pasirnya putih lembut, seperti Pantai Karang Ranjang paling bagus dan masih perawan.

Kalau berada di taman nasional ini biasanya turis mancanegara suka merapat di Pulau Peucang. Anda bisa melihat penangkaran rusa dan snorkeling di sana.

TAMAN NASIONAL KOMODO
Ratusan 'naga purba' alias Komodo berkeliaran di sepanjang savana yang ada di Taman Nasional Komodo. Sebagai satu-satunya habitat kadal raksasa di dunia ini dipilih sebanyak 10 persen reponden.

Para komodo hidup di empat tempat yang bernaung dalam TN Komodo di Provinsi NTT dan NTB. Salah satunya Pulau Rinca jadi destinasi yang makin banyak diidamkan traveler. Selain mudah bertemu komodo, wisatawan juga akan berjumpa dengan burung liar, rusa, anjing hutan, dan satwa lainnya. Vegetasi hutan dan pantai di TN Komodo pun tak lepas dari perhatian wisatawan.

TAMAN NASIONAL ALAS PURWO
Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jatim dipilih 6 persen responden di dalam survei. Yang spesial dari TN Alas Purwo ini berupa padang savana Sadengan seperti di Baluran, namun lebih banyak satwa yang berkeliaran di area seluas 43 hektar. Satwa yang bisa Anda temui adalah kerbau Jawa dan rusa, serta burung merak saat pagi hari.

Tak sekedar padang savana, taman nasional ini punya Pantai G-land eksotis berpasir putih, berombak besar sehingga sering diburu banyak surfer. Ada juga gua-gua seperti Gua Istana yang punya kegelapan abadi.

Itulah kelima Taman Nasional favorit  di Indonesia berdasarkan survei  Twitter yang dilakukan oleh detikTravell. Dari lima  Taman Nasional tersebut, dua diantaranya berada di Banyuwangi, yaitu Taman Nasional Baluran di peringkat pertama sebagai taman favorit traveller yang dipilih 20% responden, dan Taman Nasional Alas Purwo yang difavoritkan oleh 6% responden. Hal ini sejalan dengan konsep pengembangan pariwisata yang tengah dikembangkan oleh Pemkab Banyuwangi, yaitu ekowisata (ecotourism). Selain kedua wisata alam tersebut, Banyuwangi juga mempunyai tujuan wisata yang eksotis, yaitu Kawah Ijen dan Pantai Sukamade

Detik.com.

loading...

0 Response to "SURVEI : TAMAN NASIONAL BALURAN DAN ALAS PURWO ADALAH TAMAN FAVORIT PETUALANGAN DI INDONESIA"