BANYUWANGI BAKAL PUNYA JALUR KHUSUS SEPEDA


Banyuwangi punya jalur khusus untuk sepeda
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan jalur jalan khusus sepeda yang rencananya diluncurkan pada Maret mendatang, sebagai program pararel dengan Gerakan Sedekah Oksigen yang kini sedang digalakkan di daerah setempat.

"Jalur khusus pesepeda adalah komitmen kami untuk mewujudkan 'green transportation', hemat dan bikin sehat. Top pokoknya," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas seusai menjajal rute jalan khusus sepeda di Banyuwangi, Kamis.

Anas menambahkan, di negara-negara maju, insfrastruktur jalur khusus sepeda sangat efektif mengurangi polusi. "Karena itu, kami mengajak masyarakat untuk menggunakan sepeda saat pergi beraktivitas,” tambahnya.

Transportasi bersepeda ini, tambah bupati, merupakan sebuah terobosan jangka panjang yang membawa manfaat besar bagi masyarakat dan lingkungan.

"Saya membaca penelitian Pusat Litbang Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum, bahwa ternyata 70 persen pencemaran udara di wilayah pusat kota berasal dari aktivitas kendaraan bermotor," katanya.

Terkait rencana rute, saat ini Pemkab Banyuwangi sedang melakukan persiapan untuk operasional rute agar aman dan nyaman dilalui para pesepeda.

Dinas Perhubungan bekerja sama dengan kepolisian menentukan rute-rute khusus pesepeda, termasuk menentukan marka dan jalur sebelah mana yang akan dipatenkan menjadi jalur sepeda.

“Untuk rute sedang dimatangkan. Sudah ada titik-titik yang pasti seperti sepanjang Jalan Soedirman. Kita pastikan semua siap saat diluncurkan Maret mendatang. Jalurnya ada di kiri, kira-kira 1-2 meter dari jalur utama,” tambah Anas.

Di Banyuwangi, saat ini juga sudah tidak diperbolehkan mengepras pohon untuk membangun jalan ganda atau "double way". Menurut Anas, pembangunan jalan tidak akan bisa menandingi kecepatan pertumbuhan kendaraan bermotor sehingga Banyuwangi lebih memilih untuk memperbanyak dan merawat pepohonan.

"Orang lebih suka banyak ruang terbuka hijau, banyak taman. Ini ilmiah lho, saya baca jurnal ada penelitian dari Inggris bahwa masyarakat lebih bahagia tinggal di daerah yang hijau. Orang yang tinggal di daerah yang hijau lebih minim potensi kecemasan atau depresinya," pungkas Anas.


Antarajatim.com

loading...

0 Response to " BANYUWANGI BAKAL PUNYA JALUR KHUSUS SEPEDA"