INGIN KAYA DI USIA MUDA? LAKUKAN INI!


Kekayaan dan hidup bergelimang harta merupakan impian yang menjadi dambaan banyak anak muda zaman sekarang. Tengok saja, banyak pemuda yang mendirikan bisnis kecil-kecilan atau menjadi selebritis dadakan agar bisa mencetak banyak uang sejak dini.

Seperti dikutip dari The Richest,  bagi para pemuda masa kini, menjadi kaya berarti memiliki banyak uang dan kehidupan mewah. Sayangnya, mayoritas anak muda hanya menjadikannya sebagai mimpi dan tidak berupaya keras menggapainya. Tak heran, banyak orang yang saat memasuki usia tua masih kesulitan memenuhi kebutuhan finansialnya.

Untuk itu, berikut lima tips yang bisa membuat anak muda kaya raya:

1. Mulailah mencari uang di usia muda

Salah satu tantangan terbesar saat keluar sekolah adalah para lulusan yang masih muda tidak memiliki cukup uang. Terlebih lagi, para pemuda yang baru bekerja biasanya hanya mendapatkan gaji kecil karena dianggap belum berpengalaman.

Artinya, mulailah mencari pekerjaan secepat mungkin agar Anda lebih siap menghadapi dunia karir. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat menghasilkan banyak uang di kemudian hari.

2. Menabung

Bagi Anda yang masih berusia muda, mulailah untuk rajin menyimpan uang tunai sebagai pegangan saat keluar sekolah. Dengan menabung, para siswa dan tenaga kerja muda dapat menyiapkan dirinya untuk merebut berbagai peluang baru yang tersedia.

Uang tabungan yang Anda sisihkan dapat menjadi kebutuhan yang sangat penting di kemudiah hari. Memiliki tabungan dalam bentuk tunai berarti para pemuda memiliki ketahanan finansial yang juga membantunya mencoba berbagai peluang karir.


3. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya

Menabung memang bermanfaat, tetapi sebagai pemuda, Anda juga harus pandai-pandai memperhitungkan penggunaannya. Uang yang disimpan tak selamanya bertahan dan dapat terkuras dengan mudah.

Dekat dengan seseorang yang membantu Anda membuat keputusan merupakan hal yang sangat penting. Namun yang lebih penting dari masa muda adalah mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Pengalaman dapat secara efektif membantu Anda mendapatkan pekerjaan berpenghasilan besar. Anda harus ingat bahwa kekayaan tidak datang dengan sendirinya, diperlukan kombinasi usaha, kerja keras, teknologi, bimbingan orang lain, dan tentu saja pengalaman yang berharga.

4. Buat pilihan cerdas untuk berbisnis

Bekal uang tunai, waktu yang baik serta keputusan tetap mengarahkan diri Anda yang berusia muda pada bisnis berpenghasilan tinggi. Berbagai bidang bisnis seperti komoditas, UKM, dan properti dapat menjadi mesin pencetak uang dalam jumlah besar.

Tentu saja selama Anda memilihnya dengan cerdas, bisnis apapun dapat menghasilkan banyak uang. Memang, berbisnis sangat erat kaitannya dengan berbagai risiko, tetapi jika Anda memahaminya dan melakukannya di waktu yang tepat serta cukup modal, bersiaplah untuk menjadi konglomerat.

5. Cari pendapatan lain

Tahap paling berisiko dalam mencari tambahan uang adalah saat Anda mengabaikan peluang yang tidak Anda minati. Padahal, di titik tertentu, kesempatan itu justru bisa menjadi alat pendulang pundi-pundi uang.

Maka jangan pernah menyerah dalam setiap kesempatan karir yang datang. Cobalah dan kenali bidang tersebut sehinggga Anda bisa memperoleh banyak bekal finansial di masa depan. Seringkali seseorang yang menaruh minatnya di bidang properti justru mencetak uang setelah bekerja di perusahaan software.

BELAJAR DARI KEBIASAAN ORANG KAYA
Bagaimana pun juga, menjadi orang kaya dan sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Butuh proses, kemauan dan konsistensi terhadap tujuan hidup menjadi kunci utama jika anda ingin menjadi seseorang yang kaya raya. 

Anak muda juga perlu belajar dari hal-hal yang dilakukann oleh orang-orang kaya yang bisa memberikan inspirasi. Berikut 8 hal yang perlu dilakukan secara konsisten untuk membantu Anda mengikuti jejak para orang kaya.
1. Membaca minimal 30 menit setiap hari

Sekitar 88% orang kaya sangat menggemari membaca. Mereka selalu membaca minimal 30 menit dalam setiap harinya. dalam studi statistik mengenai pengangguran, sebanyak 75% orang dewasa yang tak memiliki pekerjaan tidak menyukai membaca.

2. Tentukan target dan fokus mencapai tujuan

Sebanyak 67% orang kaya mencatat apa yang menjadi tujuan mereka. Meski menulis tujuan tidak menjamin kesuksesan, namun bisa mengarahkan Anda ke tindakan positif.

Tak hanya itu, 80% orang kaya cenderung fokus mencapai satu tujuan, sementara hanya 12% yang melakukan ini. Untuk mencapai tujuan itu, buatlah daftar mengenai langkah apa saja yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan. Orang kaya cenderung membuat target yang lebih ambisius dibandingkan orang kecil.


3. Bangun 3 jam sebelum bekerja

Mayoritas orang kaya selalu bangun tidur tiga jam sebelum jam kerja, dan sebanyak 44% orang kaya justru bangun diatas tiga jam sebelum bekerja. Sebagai contoh adalah CEO Virgin America yang selalu bangun pukul 04.00 pagi waktu setempat untuk mengirim email dan menyapa rekan bisnisnya.


4. Nonton TV satu jam sehari

Sekitar 67% orang kaya jarang sekali menonton televisi. Mereka rata-rata hanya menonton televisi selama sejam sehari. Orang sukses menyadari bahwa menghabiskan waktu mereka untuk menonton televisi adalah kegiatan sia-sia. Mereka cenderung menggunakan waktu lebih bijaksana.

70% orang kaya selalu mengkonsumsi makanan kurang dari 300 kalori setiap harinya. Kadar kalori yang tinggi biasanya terdapat pada makanan-makanan yang cepat saji dan mengandung minyak. Smenetara sebanyak 97% orang miskin selalu mengkonsumsi makanan yang lebihi kadar kalori tersebut.

6. Hindari berjudi

Setiap orang dengan mudah untuk terjebak dalam perjuadian. hal itu didasarkan karena pikiran yang mengatakan 'suatu saat saya pasti menang'. Hal itu yang terkadan gmenjebak kondisi keuangan seseorang. Hanya 23% dari orang kaya yang sering berjudi, sementara 52% orang miskin selalu berjudi.


7. Ucapkan selamat ulang tahun

80% orang kaya selalu mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekan dan saudaranya dan sebanyak 11% penduduk miskin yang sering mengucapkan hal yang sama. Hal ini perlu dilakukan karena akan lebih menciptakan kontak secara personal disaat saat yang spesial, sehingga mennjaga hubungan dengan baik.


8. Lakukan aerobik 4 kali seminggu


Sebanyak 76% orang kaya selalu melakukan aerobik 4 kali setiap minggunya. Berbeda dengan orang miskinyang memiliki presentase 23% yang melakukan hal ini. Aerobik ini memungkinkan seseorang untuk bekerja lebih keras lagi dan akan lebih fokus karena kondisi tubuh yang bugar.

Demikian Tips ingin kaya di usia muda, semoga anak muda Banyuwangi khususnya mendapat inspirasi dari tulisan di atas, dan dapat menerapkannya dalam kehidupannya.

Liputan6.com

1 Response to "INGIN KAYA DI USIA MUDA? LAKUKAN INI!"

  1. Kesuksesan itulah yang kuperjuangkan. Sukses hidup dan setelahnya. Terimakasih atas motivasinya

    ReplyDelete