LEGENDA PENARI GANDRUNG ITU MENDAPAT PENGHARGAAN DARI NASDEM


Mbok Temu sang legenda penari Gandrung Banyuwangi menerima penghargaan dari Nasdem.
Legenda penari Gandrung, Mbok Temu, mendapat mendapat penghargaan dari Partai NasDem. Ia adalah satu diantara enam perempuan di Jatim yang menerima penghargaan serupa.

Mbok Temu yang memiliki nama asli Temumisti ini dinilai pantas mendapat apresiasi karena kegigihannya melestarikan budaya lokal Banyuwangi.

Usia renta tak membuatnya berhenti ataupun menyerah untuk melestarikan Tari Gandrung. Hingga menginjak usianya yang ke 60 Tahun, Mbok Temu tetap menari Gandrung.

Sayangnya perempuan kelahiran Banyuwangi ini tidak bisa naik panggung untuk menerima penghargaan istimewa dari partai yang dipimpin Surya Paloh.

Mbok Temu tiba di Hotel JW Marriot, Surabaya, sesaat setelah acara penganegerahan dan deklarasi "Perjuangan Perempuan Nasdem' bubar.

Maklum, perjalanan dari Banyuwangi ke Surabaya membutuhkan waktu 6 jam. Apalagi, Mbok Temu mendapat tugas mengisi acara dengan menari Gandrung di Banyuwangi yang selesai pada Pukul 04.00 WIB.

"Saya dari menari subuh tadi langsung berangkat, ya terlambat. Apalagi ada macet di jalan," kata Mbok Temu yang disambut petinggi Partai NasDem Jatim dan pusat di hotel.

Ikut menyambut Mbok Temu antara lain Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem Ferry Mursyidan Baldan, Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Sri Sajekti Sudjunadi, Ketua Partai NasDem Jatim Laksamana (purn) Tedjo Edipurdianto dan Siti Nurbaya Ketua Bidang Otoda DPP NasDem.

Mbok Temu mengaku bangga masih ada partai yang peduli dengan apa yang telah dilakukan. "Terima kasih atas perhatiannya," kata Mbok Temu yang mengaku masih lelah itu.

Mbok Temu menjadi penari Gandrung sejak usia 15 Tahun. Saat ini masih terus aktif melestarikan budaya hingga mendirikan sanggar tari Seni Gandrung Banyuwangi dan menelorkan bibit-bibit penari gandrung hingga ada yang membuka sendiri sanggar tari.

"Saya berharap agar budaya ini dilestarikan dan mendapatkan perhatian dari pemerintah," tandasnya.


 Detik.com

loading...

0 Response to "LEGENDA PENARI GANDRUNG ITU MENDAPAT PENGHARGAAN DARI NASDEM"