Habitat Penyu Terancam Punah Akibat Penjualan Telur Penyu Ilegal


Keberadaan penjual telur penyu secara ilegal di Pasar Induk Banyuwangi, Jawa Timur, dipandang sebagai ancaman punahnya habitat hewan berkulit keras tersebut. Tak pelak, KPPB (Komunitas Pecinta Penyu Banyuwangi) minta warga menghentikan pencurian telur penyu untuk dijual di pasar gelap.

Ketua KPPB, Wijayanto Handoko, meminta warga menghentikan segala perburuan dan pencurian telur penyu yang ada disepanjang garis pantai Kabupaten Banyuwangi. "Jika tidak segera dihentikan, maka pencurian ilegal atas telur penyu bisa mengancam punahnya penyu jenis penyu belimbing dan penyu hijau," ujar Handoko, Minggu (8/12).

Menurut Handoko, semenjak seperempatg abad lalu, komunitasnya menemukan puluhan bahkan ratusan ekor induk penyu yang mendarat dan bertelur disepanjang garis pantai Banyuwangi. Sayang, para pemburu telur penyu dari tahun ke tahun bertambah banyak.

"Para pemburu telur penyu biasa beroperasi tengah malam. Mereka berkelompok menumpang perhu mesin. Disaat mendekati garis pantai, mesin dan lampu perahu dimatikan agar tidak kepergok petugas. Dengan mengendap, kelompok pencuri telur penyu secara tak bertanggung jawab menggangsir pasir dimana telur penyu bersarang," sesal Handoko.

Masih maraknya perburuan dan pencurian telur penyu itu, disebabkan ada warga yang menadah lalu menjualnya ke pedagang di Pasar Induk Banyuwangi. Di pasar ini, sejumlah pedagang telur penyu menjualnya dengan sembunyi dan ada pula yang nekad menjual secara terang-terangan.

"Sebenarnya warga sudah mengetahui jika telur penyu itu dilarang dijual-belikan. Itu sebabnya, transaksi dilakukan secara sembunyi. Namun ada pula pedagang yang nekad menjajakannya secara terang-terangan," beber Handoko, sembari menambahkan telur penyu dijual seharga Rp 6 ribu sampai Rp 7 ribu per butir bergantung musim.

Menurut Handoko, ada beberapa manfaat mengkonsumi telur penyu, seperti obat untuk pasutri yang sulit memiliki anak. Ada pula yang mengatakan, telur penyu bermanfaat untuk stamina pria. "Padahal itu hanyalah pameo. Manfaat telur penyu tidak berbeda dengan telur ayam kampung biasa," sanggahnya.

Untuk mengembalikan habitat penyu tersebut, komunitas pecinta penyu Banyuwangi mulai melakukan berbagai langkah konservasi, dengan menetaskan telur, serta melepasliarkan ratusan ekor anak penyu atau tukik dibeberapa garis pantai yang ada di Banyuwangi.


Jaringnews.com

loading...

0 Response to "Habitat Penyu Terancam Punah Akibat Penjualan Telur Penyu Ilegal"