DITANGAN ONI, GL MAX DISULAP JADI MOTOR TENGKORAK


Modifikator asal Banyuwangi ini patut diacungi jempol. Demi menghasilkan ubahan motor yang spektakuler, Oni, seorang punggawa modifikasi dari Oni Chrome mempunyai ide untuk mengubah sepeda motornya dengan tampilan tengkorak manusia.

Juragan rumah modifikasi di jalan Jaja Genteng no 26 Banyuwangi, Jawa Timur ini memodifikasi motor Honda GL Max 1996 mesin 125 cc menjadi rangkaian tengkorak manusia. Unsur menakutkan ini sengaja diambil oleh Oni lantaran masih jarang modifikator dari Indonesia mengambil ide tersebut.

"Ini menjadi daya tarik tersendiri dari motor modifikasi. Motor ini 100 persen custom," kata Oni ketika ditemui di ajang Honda Otocontest 2013 di Bandung, Jawa Barat.

Desain tengkorak


Oni mencoba menerapkan karakter angker pada motor yang dibeli seharga Rp 4,5 juta tersebut..
 
Sebagai langkah awalnya, Oni mengubah dudukan mesin dan suspensi belakang. Rangka sampai ke suspensi belakang dirombak. Untuk bagian rangka bawah menggunakan besi 2 mm, sementara untuk rangka atas menggunakan rangka baja ukuran 3 mm karena harus kuat menopang beban. Menurutnya tidak ada kesulitan yang berarti selain membuat kerangka menusia.

Nah, suspensi belakang dilucuti dan menyatu dengan rangka belakang. Desain tersebut untuk mencerminkan karakter motor besar layaknya sebuah Harley-Davidson pada motor tengkoraknya. Perombakan lainnya pada posisi tangki bensin yang kini tersemat di bawah jok. Langkah ini agar tulang rusuk bisa terlihat indah di bagian atas berikut rongga-rongganya.

"Untuk pengerjaan rangka motor sendiri selama 3 bulan dan itu bongkar pasang supaya senter dengan ban belakang. Kalau tengkoraknya tidak terlalu sulit," ucapnya.

Detail rangka

Setelah rangkanya terpasang, Oni baru membuat tulang manusia satu demi satu. Pengerjaan ini harus teliti karena sesuai dengan jumlah tulang manusia dewasa. Bagian ini yang tersulit.
 "Untuk pengerjaan yang paling sulit memang saat membuat 'tulang manusianya', karena memang harus benar-benar teliti karena kami membuatnya satu-persatu," tambahnya.
Setelah melalui proses chrome, baru tulang-tulang tersebut disematkan pada rangka motor. Tak ketinggalan tengkorak kepala berbahan dasar kayu turut menyantel di bagian depan.

"Ada tulang paha, kaki. Dan posisi tengkorak ini bersujud kayak orang solat," cetus Oni yang mengatakan proses pengerjaan di Banyuwangi.

Kaki-kaki

Setelah bagian atas selesai, langkah selajutnya adalah fokus ke kaki-kaki motor. Untuk pelek depan menggunakan pelek ukuran 17 inci dan belakang 18 inci yang dibalut ban mobil. Disc brake depan dicomot dari GL Max, sedangkan disc brake belakang dibeli toko aksesoris.







Biaya

Untuk mengerjakan motor angkernya ini, Oni bersama rekannya menghabiskan dana sebesar 50 juta dan motor ini sendiri sudah melanglang buana mengikuti berbagai macam event modifikasi di Tanah Air, bahkan motornya ini telah ditawar sebesar Rp65 juta saat mengikuti kontes di Bali.


Detik.com

loading...

0 Response to "DITANGAN ONI, GL MAX DISULAP JADI MOTOR TENGKORAK "