CARA MERAWAT BATEREI HP/PONSEL AGAR AWET DAN TAHAN LAMA


Banyak pengguna HP/ponsel mengeluhkan berbagai masalah pada gadgetnya, seperti: kecepatan prosesor, kamera yang kurang tajam, atau layar yang tidak sensitif. Namun, berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga CAT pada 3.500 pengguna ponsel di Amerika Serikat, Inggris, dan Arab Saudi, 1 dari 3 atau sekitar 37 persen responden menyebutkan  daya tahan baterai HP sebagai masalah utama. Selain itu 71% responden juga mengutamakan daya tahan baterai dalam membeli ponsel.

Hasil survei tersebut bisa dianggap sesuai dengan kondisi riil yang dialami pengguna ponsel di mana pun. Sebab secara otomatis, daya baterai pasti akan terus berkurang seiring dengan penggunaan ponsel. Meskipun, mungkin Anda baru mengisi dayanya beberapa jam lalu.

Baterai ponsel sebenarnya bisa bertahan cukup lama jika cermat menyiasatinya. Berikut ini ada beberapa cara merawat baterai HP atau ponsel yang bisa membantu daya ponsel bertahan lebih lama :

1. Langsung Charger Hp Waktu Baru Di beli
Sebaiknya ketika baru membeli ponsel, langsung diisi sampai penuh. Kemudian anda pakai seperti biasa sampai baterai habis, kemudian diisi lagi sampai penuh, lalu digunakan lagi. Lakukan hal ini 2-3 kali pengisian.

2. Buka Aplikasi Seperlunya
Ponsel pintar atau smartphone biasanya sudah dilengkapi fitur multitasking, yaitu fitur yang memungkinkan kita menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, misalnya melakukan koneksi internet sambil menjalankan musik. Namun kebiasaan ini membuat baterei boros. Sebaiknya gunakan aplikasi yang penting saja.

3. Kurangi Kecerahan Layar
Kecerahan layar sering kali disepelekan oleh pengguna ponsel. Memang layar yang cerah
enak dipandang, tapi kenyataannya hanya akan menguras baterai saja, dan tidak baik untuk kesehatan karena memancarkan radiasi lebih banyak. Karena itu ada baiknya anda mengurangi tingkat kecerahan ponsel anda, tentu agar baterai lebih awet dan tahan lama. Bisa juga disetting otomatis untuk ponsel yang mempunyai fitur tersebut.

4. Jangan Gunakan Ponsel Saat Mengisi Daya
Kebanyakan orang mengisi daya ponselnya semalaman agar beterai selalu terisi penuh. Padahal, baterai Li-ion memiliki sirkuit internal yang secara otomatis dapat mengentikan proses pengisian jika sudah penuh. Namun, pengisian daya yang berlebihan bisa membuat ponsel jadi panas. Selain itu, jangan menggunakan ponsel saat proses pengisian daya berlangsung. Hal tersebut dapat membingungkan sirkuit pengaman karena harus membagi daya saat pengisian dan melakukan tugas ponsel.

5. Optimalkan Daya Baterai
Jangan terlalu membuat baterai bekerja terlalu keras. Memakai baterai sampai benar – benar habis memang terdengar efisien, akan tetapi kita tidak sadar bahwa itu ternyata bisa merusak baterai. Sebaiknya bila mengisi baterai, isilah sebelum benar – benar habis. Mengisi baterai saat masih terisi  sekitar 40%  bisa memperpanjang umur baterai. Jika ponsel akan digunakan secara aktif, daya baterai antara 40 hingga 80 persen akan membuat daya ponsel lebih optimal.

6. Ponsel Tidak Boleh Terlalu Panas
Suhu ponsel sering naik ketika proses pengisian daya berlangsung. Jika sudah begitu, daya beterai menjadi semakin cepat berkurang. Sebaiknya, lepaskan pelindung jika ponsel Anda menggunakannya. Selain itu, jangan tinggalkan ponsel terlalu lama di ruang yang terlalu panas atau terpapar sinar matahari langsung.
Bila anda akan bepergian dan memilih meninggalkan ponsel dirumah, simpanlan ponsel di tempat yang kering. Copotlah baterai sambil sisakan sekitar 40% tenaga agar tetap membuat baterai anda stabil meski lama tidak digunakan.

7. Efektif Menggunakan Ponsel
Jika Anda tidak menggunakan ponsel untuk sementara waktu, simpan ponsel dengan daya baterai sekitar 40-50 persen di tempat yang sejuk. Setelah itu, matikan ponsel Anda untuk penyimpanan daya baterai. Cara ini cukup efektif untuk menghemat daya baterai, terutama di kantor saat Anda harus fokus dengan pekerjaan.

8. Gunakan Kabel dan Charger Orisinil
Sebaiknya hanya menggunakan kabel dan charger orisinil, karena kekuatan dan kestabilan dalam mengalirkan daya ke baterai anda akan lebih sesuai dan tentunya juga lebih memperpanjang umur baterai anda. Bila tegangan terlalu tinggi, bisa jadi ponsel dan baterai anda akan jeuh lebih mudah rusak. Dan bila lebih sedikit, maka akan lebih lama terisi. Jadi cobalah hanya memakai yang orisinil.

9. Jangan Mengisi Baterei Sampai 100%
Hindari kebiasaan mengisi baterai saat akan tidur malam hari, sehingga setelah baterai terisi 100%, daya yang mengalir masih saja terus tersambung pada ponsel kita. Hal ini akan mempercepak rusaknya baterai. Jadi bila mengisi baterai lebih baik bila saat kita terjaga, dan hindari pengisian 100%.

10. Baterei Terlanjur Drop, Masukkan Kulkas!
Jika baterai ponsel anda terlanjur ngedrop, tidak ada salahnya mencoba trik yang unik dan terdengar aneh ini. Yakni masukkan baterei ponsel anda yang sudah terlanjur drop dan tidak bisa berfungsi normal lagi! Anggap saja ini sebuah eksperimen yang tidak ada salahnya anda coba.

Begini penjelasan ilmiahnya :

Seorang ahli kimia dаrі Swedia уаng bernama Svante Arrhenius, pada 1889  mengatakan bahwa suatu reaksi kimia baru аkаn tеrјаdi јіkа molekul-molekul уаng bertabrakan memiliki suatu energi kinetik minimum tertentu. Hubungan antara konstanta kecepatan reaksi dеnɡаn temperatur dаlаm Kelvin dаn energi aktivasi аdаlаh sebagai berikut k=Ae-Ea/RT atau lnk= lnA -Ea/RT dеngаn A аdalаh faktor pre-eksponensial atau faktor frekuensi. Semakin besar temperatur T maka konstanta kecepatan reaksi k juga аkаn semakin besar, artinya reaksinya juga аkаn semakin сераt.

Dаrі penjelasan dі atas bіѕа kita simpulkan faktor panas berlebih аkаn mempercepat energi lepas, jadi baterei (dаn sumber energi sejenis) аkаn lеbіh awet kalau dіgunakan dalam temperatur rendah. Termasuk juga baterei Li-ion/ Lithium Ion (ѕереrtі baterai HP) setiap kali digunakan dan diisi ulang maka partikel dі dalamnya bekerja menghantarkan listrik, semakin lama partikel-partikel іnі аkаn semakin menjauh satu ѕаmа lain(dаrі sini bіѕа diketahui kenapa baterai уаng decline biasanya gembung), dengan dimasukkan kеdalam freezer konon katanya bіѕа kеmbali merapatkan partikel-partikel іnі.

Nah ѕеtelah tаhu penjelasan ilmiahnya sekarang saatnya praktek bаgaimаnа cara detailnya:

Pertama
Pakai atau kuras dulu daya baterai handphone anda ѕаmраі habis, tandanya adalah bila ponsel tidak bіѕа dihidupkan kеmbali.

Kedua
Bungkuslah baterai dengan plastik serapat mungkin υntυk melindungi baterai dari air.

Ketiga
Masukkan baterei уаng sudah terbungkus rapat tadi kе dalam freezer, dengan kisaran waktunya аda berbagai macam teori antara sekitar 5 ѕаmраі 12 jam. Tapi coba saja lebih lama misalnya 18 jam.

Keempat
Sеtelаh disimpan,  keluarkan baterai dari freezer, buka bungkusan plastik dan jangan lupa ѕegera balut dengan tisu kering untuk mencegah timbulnya embun-embun pada baterai. Pastikan baterai sudah kering dan diamkan 1-2 jam ѕаmраі suhu baterai habitual dаn baterei siap kеmbali dipasang pada ponsel anda. Charge dulu ѕаmраі full lagi kаrеnа dayanya sudah kita kuras habis.

Lakukan charging dalam kondisi mati, jangan hidupkan ponsel ѕеbelum indikator penuh. Jіka sudah penuh, cabut chargernya dan coba hidupnya ponsel anda. Nah silahkan rasakan perbedaanya. Tips terakhir ini berasal dari  infohpterbaru.com, dan tentu saja tips ini bergantung seberapa parah tingkat kerusakan baterai anda. Selamat mencoba !

Demikian cara-cara agar baterai ponsel Anda bertahan lebih lama, semoga bermanfaat.


(Berbagai sumber)

loading...

0 Response to "CARA MERAWAT BATEREI HP/PONSEL AGAR AWET DAN TAHAN LAMA"