BANGUN TERMINAL HEMAT ENERGI, PEMKAB BANYUWANGI ANGGARKAN RP 40 MILIAR


Bandara Blimbingsari Banyuwangi
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menganggarkan dana Rp 40 miliar bersumber dari APBD 2014 untuk membangun gedung terminal baru Bandara Blimbingsari di Kecamatan Blimbingsari.
Selain memperluas bangunan, terminal baru ini juga diklaim spesial karena akan menjadi bangunan ramah lingkungan yang hemat energi.

Desain bangunan akan dikombinasikan dengan gaya arsitektur Using khususnya pada bagian atap yang terkenal memiliki sirkulasi udara dan cahaya yang bagus.
Selain itu, disekeliling bangunan akan dibuat kolam-kolam air dengan tujuan menjadi penyejuk alami ruangan terminal.

Bangunan yang dirancang oleh arsitektur Andra Matin ini ditarget selesai akhir 2014.
"Terminal bandara akan semacam resort dan berupa bangunan green architecture yang hemat energi karena nantinya tidak menggunakan penyejuk ruangan tapi dijamin tetap sejuk karena arsitekturnya dirancang sedemikian rupa dan cahaya akan masuk terang tanpa perlu lampu," terang Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas,  Senin (16/12/2013).

Selain itu, kata Anas, landasan Bandara Blimbingsari juga diperbaiki dengan penebalan aspal sehingga pesawat besar seperti Boeing bisa mendarat dengan baik.
Untuk perbaikan landasan ini, anggaran yang disediakan sebesar Rp 25 miliar yang bersumber dari dana APBN 2014.

Sebelumnya, pada rapat paripurna pengesahan APBD 2014 Kabupaten Banyuwangi di gedung DPRD, Jumat (13/12/2013) malam beberapa fraksi mempertanyakan anggaran Rp40 miliar untuk sebuah bangunan terminal bandara. Dewan menilai angka tersebut terlalu besar.
Terkait hal ini, Anas mengatakan jumlah tersebut terbilang sedikit dibandingkan anggaranpembangunan bandara-bandara di wilayah lain, sebut saja Bandara di Kabupaten Berau yang menghabisakan dana Rp400 miliar.

Garuda Indonesia
Rencana Garuda Indonesia mendarat di Bandara Blimbingsari sekaligus membuka rute baru Surabaya-Banyuwangi PP sedikit mundur dari jadwal semula.
Awalnya, pihak General Manajer Garuda Indonesia surabaya Arie Suryanto mengatakan rute tersebut sudah mulai dibuka pada 1 Desember lalu.
Namun rencana penerbangan dengan menggunakan pesawat ATR 72 ini mundur menjadi sekitar bulan Maret 2014 mendatang.

"Garuda tetap jadi, hanya saja tidak Desember ini tapi Maret atau April 2014 mendatang," kata Anas.

Tribunnews.com

loading...

0 Response to "BANGUN TERMINAL HEMAT ENERGI, PEMKAB BANYUWANGI ANGGARKAN RP 40 MILIAR "