MANA YANG LEBIH BAIK ANTARA BBM, WHATS APP, WE CHAT, LINE DAN KAKAO TALK ?


Perbandingan kelebihan dan kekurangan aplikasi chatting BBM, WhatsApp, WeChat, Line dan KakaoTalk
Dari beberapa aplikasi chatting yang populer, mana yang lebih baik di antara BBM, WhatsApp, WeChat, Line atau KakaoTalk ? Masing-masing mengklaim memiliki kelebihan dan pengguna yang banyak. Tentu saja banyak diantara pengguna yang masih bertanya-tanya apa perbedaan antara BBM, WhatsApp, WeChat, Line, dan Kakao Talk. Daripada bingung memilih di antara kelima aplikasi chatting tersebut, lebih baik menyimak rangkuman kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut ini adalah perbandingan kelebihan dan kekurangan BBM, WhatsApp, WeChat, line dan KakaoTalk :

BlackBerry Messenger

Awalnya BBM (Blackberry Messenger) hanya bisa dinikmati di perangkat Blackberry, namun sekarang aplikasi chatting ini sudah bisa dinikmati di perangkat iPhone dan Android.
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan obrolan dengan menggunakan teks, gambar, dan suara kepada pengguna BlackBerry lainnya dengan bertukar nomor PIN, email, nama atau barcode scanner. BBM memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan untuk semua orang di kontak BBM dengan cara BBM broadcast.

Walaupun demikian, ada perbedaan antara BBM di perangkat Blackberry dengan di Android dan IPhone (gilabis.com), yaitu :
1. Pin BBM di Blackberry umumnya berawalan dengan 2 dan 3, Jika di Android atau IOS anda akan mendapatkan PIN berawalan angka 7.
2. PING Terbatas, Jika di Blackberry anda suka PING Berkali-kali sampai ribuan PING, Lain Halnya Jika Anda PING di Android, PING sangat terbatas hanya tiga kali saja.
3. Hilangnya Category Contact di Android or IPhone, Menjadikan Nama Kontak di BBM kamu tidak sesuai dengan keinginan. Hal ini menyulitkan kita untuk Broadcast BBM sesuai dengan Kategori yang kita inginkan.
4. Kebiasaan Mengetik di Layar Sentuh harus mulai di biasakan jika anda menggunakan android or iphone. Cita rasa BBM di Blackberry yang khas menggunakan keyboard tentunya anda tidak mendapatkannya lagi.
5. Jika Anda menggunakan ID Blackberry lama BBM di Blackberry anda otomatis hilang kontak semua dan beralih ke device baru. Jadi Lebih Baik buat User blackberry yang baru.
6. Kontak di Android atau di IPhone bisa pilih menggunakan Layout dengan List atau Grid, Nilai Lebih BBM di Android dan IPhone.
7. Tampilan Group yang lebih baik di Android dan IPhone, tampilan group yang tidak membosankan di BBM.

Kini fitur BBM di Blackberry bertambah dengan bisa melakukan obrolan menggunakan video calling sehingga bisa bertatap secara langsung. Selain itu kini BBM memiliki fitur BBM Channel, BBM Video dan BBM Music tapi tentunya dengan menambah jumlah uang tertentu untuk bisa menikmatinya.


Kelebihan BBM 
Privasi Lebih Terjaga – Yups, dengan sistem PIN maka privasi kita lebih terjaga saat menggunakan BBM, bandingkan dengan aplikasi chatting lain seperti Line atau WhatsApp yang menggunakan nomor handphone kita, maka privasi kita lebih terbuka, bayangkan saja setiap orang jadi tahu nomor handphone kita, yang bisa saja dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak diinginkan, semisal mengirimkan sms iklan ke nomor kita.

Keamanan Percakapan lebih terjaga – BBM dihadirkan oleh Blackberry, tanpa diragukan dari sisi keamanan maka BBM for iPhone lebih terjaga dan lebih terlindungi. Kita bisa nyaman dan bebas chat tanpa perlu khawatir ada orang yang menyadap percakapan kita.

Kekurangan BBM di BlackBerry adalah berbayar setiap bulannya. 

BBM belum tersedia untuk berbagai OS, baru tersedia untuk iOS dan Android dan tentu saja Blackberry. Belum tersedia untuk Windows Phone atau untuk handphone seperti Nokia Asha. Bayangkan dengan Line, WhatsApp yang sudah tersedia untuk berbagai OS.

Tidak ada versi Desktop – Kini bisa menggunakan Line atau KakaoTalk di Laptop atau komputer kita sedangkan BBM sampai saat ini belum tersedia versi resmi untuk di install di Laptop kita.

Fitur yang Masih Sedikit – di BBM for iPhone tidak ada Sticker, padahal sticker bisa menambah chating jadi lebih asik dan menarik. Fitur BBM for iPhone juga belum selengkap seperti fitur yang ada Line, KakaoTalk, WhatsApp atau WeChat.

       WHATSAPP

WhatsApp merupakan aplikasi dibesut oleh mantan punggawa Yahoo Brian Acton dan Jan Koum yang berbasis di California, Amerika Serikat. Aplikasi ini gatis pada awalnya, tetapi kedepannya berbayar. WhatsApp coba mencuri perhatian kalangan pengguna BlackBerry Messenger (BBM) dengan kelebihan yang dimiliki meski secara dasar tidak jauh berbeda. Hanya saja, fitur standarnya bisa lintas smartphone dan hubungan antarmuka pengguna sehingga bisa dengan mudah digunakan.

Secara keseluruhan, antara BBM dengan WhatsApp tidak jauh berbeda. Hanya saja untuk bisa menikmati obrolan pesan, teks, gambar, suara dan grup chatting, anda harus mendaftarkan nomor handphone agar bisa menggunakan aplikasi ini. Berbeda dengan BBM yang menggunakan nomor PIN. Karena berbasis nomor ponsel inilah, tak sedikit yang mengeluhkan pengguna nomor tak dikenal yang tiba-tiba bisa mengirimkan pesan. Group chat dibatasi hanya 30 nomor, hanya admin yang bisa menambahkan nomor atau teman lainnya. 

Kelebihan WhatsApp terletak pada antarmuka dan fungsi yang standar yang membuat aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa pun. Bisa digunakan di perangkat Android, iOS, BlackBerry, Symbian, S40, BlackBerry OS, BlackBerry 10 dan Windows Phone. 
Kekurangan WhatsApp adalah harus berbayar setiap tahun sekali. 


Line
Aplikasi perpesanan ini awalanya digunakan untuk menolong pria yang tidak bisa mengungkapkan kata-kata kepada wanita. Line terkenal karena mampu pesan kata, melalui sticker semacam animasi yang lucu-lucu. Jadi, kebanyakan pengguna Line lebih sering bertukar sticker ketimbang kata. Sticker yang lucu yang membuat Line booming dan dimanfaatkan sang pengembangnya, NHN Japan untuk berjualan sticker. Line bisa digunakan untuk menelpon sesama anggota Line dengan layanan berbasis VoiP (Voice Internet Protocol). 

Kelebihan Aplikasi Line adalah aplikasi lain bisa digunakan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry serta bisa digunakan pada komputer personal. Pengguna tak hanya sekedar bertukar pesan tertulis dan juga sticker animasi. Pengguna juga bisa menelpon kesesama anggota Line dengan berbasis VoiP dan dapat beralih ke PC. Fitur lainnya adalah, pengguna Line bisa mengetahui apakah pesannya sudah dibaca atau belum. Timeline adalah fitur lain yang ditawarkan oleh pengguna Line. Pengguna bisa menuliskan segala aktivitasnya layaknya di Facebook. Karena lintas platform, aplikasi ini memungkinkan untuk bermain game dengan pengguna Line secara bersamaan. Tentu saja pengguna bisa saling membalas dengan sticker yang menarik untuk dilihat. 

Kekurangan Line : Walaupun pada dasarnya Line tidak berbasis nomor telephon, tetapi pengguna bisa dengan mudah meng-add akun Line, tanpa perlu di approve terlebih dahulu. Bagi sebagian orang, tahu-tahu nongol akun yang tidak dikenal atau tidak diinginkan mungkin menganggu. Walau setelah itu bisa diblok. 

Kakao Talk
Aplikasi yang berasal dari Korea Selatan ini, mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. Selain fitur perpesanan standar seperti berbagai pesan teks dan gambar, Kakao Talk juga memiliki kemampuan untuk menelpon secara gratis dengan VoIP. Free Talk yang ada di KakaoTalk, dapat digunakan untuk menelpon secara bersamaan tanpa batas. Memang semakin banyak yang diajak ngobrol bareng akan berpengaruh dari kualitas suaranya, juga tergantung dari kualitas internet yang digunakan. KakaoTalk sepertinya memang tidak menawarkan fitur sebanyak Line, seperti game atau jejaring sosial. Tapi kelebihannya ada pada Item Shop yang menjual sticker bercitarasa lokal. Sebut saja item dari blogger kenamaan, Benazio atau sticker lucu dari Pocong. Menariknya lagi, pengguna bisa menggunakan emoticon tersebut selama 90 hari sebelum membelinya. Aplikasi ini berjalan di perangkat iOS, Android dan BlackBerry. 

Kelebihan Kakao Talk : Menelpon gratis atau group chat sesama akun dengan jumlah sangat banyak berbasis VoIP. Item seperti sticker atau emticon pun bisa dijajal sebelum dibeli.

Kekurangan Kakao Talk : Stiker dan Emoticon di Kakao Talk menurut kebanyakan orang kurang ekspresif, meskipun bisa dicoba selama 90 menit sebelum dibeli. Apalagi fitur yang ditawarkan tanggung tidak terlalu banyak dan juga tidak sedikit.


WeChat

Walaupun datang belakangan, tetapi WeChat langsung mencuri perhatian pengguna smartphone. Tentu saja dengan fitur yang diklaim lebih lengkap. Fitur seperti berbagi pesan teks dan gambar, VoiP dan emoticon sudah pasti ada di WeChat. Namun soal emoticon dirasa kurang banyak dan terlalu mainstream. Berbagi aktivitas pun bisa dilakukan seperti layaknya Line. Agak beda adalah fitur Look Around, yang memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada. Ingin pindah komputer, pengguna WeChat sudah bisa melakukannya. Karena layanan instant messaging asal China ini telah menyajikannya. Tapi berbeda dengan Line, pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop. Karena cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC.

Kelebihan: Layanan asal Cina sudah memiliki fitur standart seperti berbagi pesan, VoiP dan emoticon, akan tetapi kelebihan WeChat yang paling menarik yaitu pada fitur Look Around dan switch ke PC yang mudah, karen pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC.

Kekurangan WeChat : Kalau Anda penggemar berat ikon bergerak yang lucu, WeChat sepertinya kurang berasa dari segi karakter dan ekspresinya. 

Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi chatting tersebut, apakah Anda pilih BBM for iPhone dan Android atau WhatsApp, WeChat, line dan KakaoTalk ?

Berbagai sumber


loading...

0 Response to "MANA YANG LEBIH BAIK ANTARA BBM, WHATS APP, WE CHAT, LINE DAN KAKAO TALK ?"