ASYIKNYA GOWES KE PANTAI PULAU MERAH


Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Bersepeda kini kian menjadi tren di masyarakat. "Gowes" menjadi hobi baru sebagian masyarakat untuk menghabiskan waktu rekreasi sekaligus berolahraga.

Salah satu spot bersepeda yang menarik untuk dicoba adalah pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur.

Bagi Anda pencinta "gowes", Pantai Pulau Merah menjanjikan panorama yang menawan. Di sepanjang perjalanan menuju pantai dengan ombak bagus tersebut, Anda akan disuguhi panorama kawasan agraris nan subur dengan sungai yang bergemericik di sepanjang sisinya.

Beberapa tanjakan jalan dan kelokan bisa menguji ketahanan serta adrenaline Anda dalam bersepeda.

Sekitar lima kilometer menjelang garis pantai, Anda akan menyaksikan hamparan tanah berhektar-hektar yang dijadikan tempat budidaya buah naga (Hylocereus Undatus). Buah naga kini semakin banyak dibudidayakan karena dikenal mempunyai beragam khasiat, mulai dari membantu penyembuhan kanker hingga membantu menjaga kesehatan kulit.

Jika Anda ingin menjajal kemampuan bersepeda dari pusat kota Banyuwangi, dibutuhkan waktu sekitar 150 menit. Namun, Anda bisa juga berkendaraan bermotor ke Pantai Pulau Merah dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dari pusat kota. Nah, 10 kilometer menjelang garis pantai, Anda baru bisa turun bersepeda dan menikmati sensasinya.

Pulau Merah sendiri adalah pulau yang berbentuk seperti bukit kecil dengan pantai berpasir putih yang indah. Garis pantainya sekitar tiga kilomer.

Pantai Pulau Merah memiliki ombak yang bagus untuk berselancar, terutama pada bulan April sampai September. Pada Mei 2013 lalu, di tempat ini dihelat Kompetisi Selancar Internasional. Sunset yang indah membuat pantai ini kini menjadi primadona wisatawan di kawasan timur Pulau Jawa.

"Kami mulai meningkatkan intensitas promosi Pantai Pulau Merah antara lain dengan konsep sport tourism. Setelah ada KompetisiSelancar Internasional Mei 2013 lalu, pantai ini menjadi finish etape kedua International Banyuwangi Tour de Ijen," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. International Banyuwangi Tour de Ijen berlangsung mulai 2-5 November 2013 dengan finish di Kawah Ijen. Lomba ini diikuti 14 tim luar negeri dan enam tim dalam negeri, serta ditujukan untuk mendongkrak sektor pariwisata di Banyuwangi.

Anas menambahkan, di Pantai Pulau Merah juga akan dibangun penginapan dengan konsep dormitory yang cocok untuk para petualang. "Sekarang di sekitar pantai sudah banyak homestay yang dikelola warga. Area pantai juga free wifi," kata Anas.

jpnn.com

loading...

0 Response to "ASYIKNYA GOWES KE PANTAI PULAU MERAH"