SAMBUT PORPROV, BANYUWANGI SIAPKAN RP 160 MILIAR UNTUK RENOVASI VENUE


Pemerintah Banyuwangi, Jawa Timur, akan merenovasi 34 venue olahraga menjadi berstandar internasional dengan anggaran Rp 160,5 miliar. Renovasi tersebut untuk menyambut Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur, yang akan digelar Juni 2015 di Banyuwangi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Banyuwangi, Mujiono, mengatakan anggaran Rp 160,5 miliar itu dialokasikan untuk merenovasi Gedung Olahraga (GOR) Tawangalun sebesar Rp 135 miliar dan Stadion Diponegoro Rp 14,5 miliar. "Juga merenovasi venue lain yang tersebar di 24 kecamatan dengan biaya Rp 11 miliar," kata Mujiono, Rabu, 23 Oktober 2013.

Menurut Mujiono, renovasi GOR Tawang Alun berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar Rp 100 miliar, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jatim Rp 10 miliar, dan APBD Kabupaten Rp 25 miliar. Renovasi gedung akan dimulai awal 2014. "Dana sudah disetujui Kementerian Pemuda Olahraga dan Kementerian Pekerjaan Umum."

Adapun anggaran renovasi Stadion Diponegoro berasal dari APBD 2013 senilai Rp 4,5 miliar. Renovasi akan dilanjutkan pada 2014 dengan anggaran Rp 10 miliar. APBD Kabupaten, kata dia, juga menanggung perbaikan beberapa venue yang tersebar di seluruh kecamatan. "Seluruh renovasi venue dimulai 2014," kata dia.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Achmad Khaerullah, mengatakan ada 28 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi. "Diperkirakan ada tujuh ribu atlet dan ofisial yang akan datang ke Banyuwangi," kata dia.

Selain berdampak positif untuk memacu prestasi atlet lokal, kata dia, ajang tersebut akan menggenjot promosi pariwisata. Pemkab Banyuwangi akan mengkolaborasikan pekan olahraga tersebut dengan kesenian tradisional serta paket-paket wisata.

Tempo.co



loading...

0 Response to "SAMBUT PORPROV, BANYUWANGI SIAPKAN RP 160 MILIAR UNTUK RENOVASI VENUE"