CARA MEMILIH POWER BANK YANG BAIK SESUAI DENGAN KEBUTUHAN


Cara memilih power bank yang sesuai dengan kebutuhan kita
Mengapa anda harus memiliki Power Bank?
Seiring dengan perkembangan gadget yang semakin canggih dan tingginya mobilitas manusia masa kini, kebutuhan akan alat yang dapat melakukan isi ulang (recharge) daya baterei gadget yang praktis dan dapat digunakan sewaktu-waktu, menjadi tak terelakkan lagi.

Semakin canggih gadget semakin banyak fiturnya, sehingga pemakaian batereinya juga lebih boros. Tentu saja sangat merepotkan jika aktivitas kita terganggu gara-gara masalah low batt ini, sementara untuk mengisi daya baterei lagi dibutuhkan waktu setidaknya 1 jam sampai gadget siap digunakan. Kapasitas baterei gadget ketika aktif biasanya tidak lebih dari 4jam, bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, tentu akan sangat merepotkan jika sewaktu-waktu gadgetnya terpaksa tidak bisa dipakai karena daya batereinya lemah. Dalam situasi ini, solusinya adalah Power Bank yang bisa diandalkan sebagai cadangan baterei dimana pun kita berada.

Sekarang sudah banyak sekali modal dan pilihan power bank, baik model, ukuran maupun kapasitasnya. Sayangnya, cukup banyak pembeli yang merasa menyesal dengan power bank yang sudah dibeli,  karena ternyata tidak cocok dengan baterai gadget yang dimiliki, atau bahkan cepat rusak. Uang anda pun terbuang sia-sia. Lalu, bagaimana cara memilih powerbank yang baik dan sesuai dengan kebutuhan agar anda tidak rugi membelinya?

Berikut tipsnya beberapa hal yang perlu diketahui ketika memilih power bank :

1. Pahami Gadget Anda dan Kapasitas Power Bank

Sangat penting untuk memastikan berapa kapasitas baterei gadget anda. Jangan sampai anda membeli powerbank yang memiliki daya lebih kecil dari daya baterai gadget anda. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh. Atau semisal membeli power bank dengan kapasitas 8600 mAh berarti kita bisa ngecharge sekali Galaxy Tab 3 dengan kapasitas baterai 6800 mAh dan sekali Xperia M dengan baterai 1530 mAh. Ini hanya hitungan kasar karena masih ada loss atau daya yang hilang sehingga tentunya dipastikan pengisian berikutnya tidak akan sampai penuh. Untuk gadget tipe lain bisa menyesuaikan kapasitas power banknya. Yang penting jangan memilih power bank yang kapasitasnya terlalu kecil, tapi harus lebih besar dari kebutuhan gadget kita. Jika anda sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya tinggi, misal 5600 mAh atau lebih.

2. Lihat Tegangan Output
Ketika membeli power bank pasti kita akan mendapat kabel yang satu seperti USB dihubungkan ke power bank dan satunya lagi biasanya dengan banyak cabang dihubungkan ke gadget. Nah biasanya ada tulisan 1A dan 2A yang menunjukkan ampere. Kalo semisal kita punya ponsel dengan baterai 1500 mAh, dengan menggunakan kabel colokan 1A berarti perlu waktu mengisi sekitar 1.5 jam dan berarti kalo memakai 2A hanya perlu mengisi 45 menit. Ini tidak sepenuhnya salah tetapi ada beberapa gadget yang tidak mengijinkannya jadi walaupun dipake kabel 2A tetap pengisiannya menggunakan 1A.

3. Cermati Fitur Yang Dimiliki Power Bank
Jangan menganggap bahwa power bank hanya sebagai sarana pengisian baterai semata, padahal beberapa power bank memiliki fitur yang berkaitan dengan gadget Anda. Ada beberapa fitur keselamatan yang harus ada karena bahaya tidak memandang kapan akan terjadi semisal korslet yang mengakibatkan kebakaran. Oleh karena itu pilihlah power bank yang memiliki fitur:

- Auto-Off, yaitu power bank yang bisa secara otomatis memutus aliran listrik ketika pengisian baterei sudah penuh, sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti over charging atau overheat. Jika fitur ini tidak ada tentunya bisa memperpendek umur baterai dari power bank dan juga baterei gadget anda
- Short Circuit, atau biasa dikenal arus pendek dimana bisa melindungi gadget dari hal ini yang biasanya salah satu penyebab terjadinya kebakaran. Pilih power bank yang memiliki fitur memutus listrik ketika arus pendek terjadi.
- High Temperature, yaitu perlindungan dari temperature tinggi. Ini untuk mendeteksi ketika temperatur power bank terlalu tinggi saat melakukan pengisian daya.

4. Kelengkapan Power Bank
Power bank harus memiliki kabel A/C, kabel konektor, lampu indikator, dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang anda beli. Juga pastikan sel baterei pada power bank asli, bukan refurbish. Selain itu usahakan membeli power bank baru bukan yang bekas karena ini sangat mempengaruhi daya tahan baterai untuk mengisi gadget anda.

5. Gunakan Kabel Gadget Asli
Pakailah Kabel Original untuk proses charging dari power bank. Kebanyakan dari kita menggunakan kabel bawaan power bank untuk proses charging Blackberry, iPhone atau hp Android. Sebisa mungkin hindari menggunakan kabel charging bawaan dari powerbank, pakailah selalu kabel charging original dari gadget kita yang sudah teruji keamanannya. Karena, seperti kita ketahui terkadang kabel bawaan powerbank kualitasnya sangat rendah dan ini tentu akan sangat membahayakan keamanan dari gadget kita. Selain itu, kabel asli bawaan pabrik lebih stabil mengeluarkan output dibandingkan kabel bawaan dari power bank.

6. Model dan Kualitas
Di pasaran banyak sekali model dan kualitas dari power bank. Sebaiknya pilih yang portable dan tidak terlalu besar sehingga tidak repot dibawa bepergian dan juga kualitas dari cell baterainya pilih Japan Cell atau Sanyo karena 2 cell ini memang sudah terbukti bagus.

7. Garansi Minimal 1 Tahun
Jangan segan tanyakan garansinya. Karena banyak sekali power bank model palsu, biasanya mereka tidak terlalu memberi garansi dengan rentang waktu yang lama. Pastikan juga itu bukan garansi toko tapi benar-benar garansi dari pabrik resmi. Garansi minimal setahun membuktikan bahwa power bank merk tersebut memang berkualitas bagus sehingga mereka berani menjamin produk mereka.

8. Harga Mahal Lebih Terjamin
Jangan tertipu harga murah kapasitas besar. karena kebanyakan powerbank seperti ini menggunakan baterai rekondisi atau baterai bekas, demi untuk menekan harga jual. Harga sedikit mahal lebih baik daripada Anda tertipu. Hari ini banyak sekali Power Bank murah, namun terbukti cepat rusak atau butuh ganti baterai. 
Apalagi kalau gadget anda termasuk mahal, tentunya tidak masuk akal, malah membeli power bank murahan yang nantinya berakibat gadget lebih cepat rusak.  
Membeli powerbank dengan merk ternama dan terpercaya akan memberikan rasa aman saat kita menggunakan powerbank. Karena biasanya merk-merk terkenal produknya sudah teruji dan lolos uji kelayakan.  Resikonya, harga powerbank dari merk terkenal akan lebih mahal dibandingkan dengan merk abal-abal. Lebih baik cari tahu dulu harga merk asli dengan kapasitas tertentu di internet sebagai patokan harga.

Demikian informasi cara-cara memilih power bank yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan gadget anda.


(nelpon.net + sumber lain)


loading...

0 Response to "CARA MEMILIH POWER BANK YANG BAIK SESUAI DENGAN KEBUTUHAN"