TOUR DE IJEN 2013 SIAP DIGELAR NOVEMBER


Tour de Ijen kembali di gelar. Berbeda dengan tahun lalu yang berlangsung dalam tiga etapa, kompetisi balap sepeda internasional Tour de Ijen tahun ini bertambah menjadi empat etapa. "Tahun ini etapenya lebih banyak," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Ahmad Khaerullah, Kamis, 18 Juli 2013.

Para pembalap akan menempuh jarak sepanjang 620 kilometer. Etape pertama akan menempuh rute mulai dari kantor Pemerintah Daerah Banyuwangi-Pulau Merah sejauh 180 kilometer. Etape kedua mulai Kecamatan Jajag hingga Kecamatan Genteng sepanjang 120 km.

Pada etape ketiga, pembalap menempuh jarak 190 km dengan rute Kecamatan Kalibaru-Gunung Ijen. Jalur etape ketiga ini merupakan yang terpanjang sekaligus menjadi ikon balap sepeda yang dimulai 2012 lalu. Sedangkan etape keempat, pembalap menjalani rute sirkuit race. Pembalap harus berputar selama 12 kali dengan jarak 130 km.

Kompetisi ini akan digelar pada 2-5 November 2013 mendatang. Pemerintah Banyuwangi menargetkan 20 tim luar negeri ikut dalam kompetisi yang berbiaya Rp 4 miliar dari APBD ini. "Setiap tim terdiri dari sembilan pembalap," kata Khaerullah.

Menurut Khaerullah, sesuai pembicaraan bersama Ikatan Sepeda Indonesia (ISI), Tour de Ijen akan dikemas dalam Indonesia Grand Bike yang terdiri atas Tour de Jawa Barat, Tour de Indonesia, dan Tour de Bali.


Tour de Ijen dilaksanakan pertama kali pada 2012 lalu. Sebanyak 24 tim balap sepeda asing dan nasional berlaga, di antaranya dari Kazakstan, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Australia, Malasyia, serta Hong Kong. Balap sepeda ini menempuh tiga etape dengan total lintasan sepanjang 382,1 kilometer.


loading...

0 Response to "TOUR DE IJEN 2013 SIAP DIGELAR NOVEMBER"