SEKOLAH PILOT BANYUWANGI GRATIS, SYARATNYA LULUS SMA


Pemerintah Pusat akan membiayai seluruh taruna yang menimba ilmu di sekolah penerbangan pilot negeri Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, Jawa Timur.

Persyaratannya pun cukup mudah, minimal, kalian harus dari lulusan SMA. Sehingga dapat mengikuti tes untuk masuk di sekolah tersebut. Asyiknya nih, bagi mereka yang diterima masuk, tidak dibebani biaya apapun selama menjalani sekolah selama 1-1,5 tahun itu.

"Siapa pun bisa mengikuti seleksi tes masuk sekolah penerbangan pemerintah selama memenuhi persyaratan dan lolos ujian. Kami berharap sekolah ini bisa dimanfaatkan oleh putera-puteri terbaik bangsa," beber Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dalam siaran persnya , Jumat (14/6/2013).

Siswa angkatan pertama di sekolah penerbangan pilot negeri Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, Jawa Timur saat ini tercatat ada 12 taruna.

Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub Santoso Eddy Wibowo mengatakan, materi pembelajaran terdiri atas teori tatap muka di kelas dan training simulator flight dengan masa pendidikan 14-15 bulan.

Untuk pelaksanaan demo flight, sambung Eddy, memakai lima pesawat latih jenis Cesna 172 S, dengan instruktur yang didatangkan langsung dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI), Curug.

"Untuk bisa lulus dan dinyatakan siap terbang secara profesional, para taruna wajib memenuhi demo flight class tidak kurang selama 210 jam," ujar Edy, dalam siaran persnya, Jumat (14/6/2013).

Eddy mengatakan, SDM merupakan faktor vital dalam industri penerbangan. Dalam setahun, seiring dengan penambahan maskapai penerbangan, jumlah pilot yang diperlukan setidaknya 800 pilot per tahun. Adapun untuk kawasan Asia, kebutuhannya mencapai sekira 185 ribu pilot hingga 2031.

Demi menunjang ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menjalin kerja sama dengan Boeing untuk meningkatkan kualitas SDM di industri penerbangan di Indonesia, termasuk para calon pilot.

Sekadar informasi, pemerintah akhirnya kembali membangun sekolah pilot negeri setelah 61 tahun tidak ada sekolah sejenis di Tanah Air. Kemenhub memulai peletakan batu pertama sekolah pilot negeri Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pemerintah kali terakhir mendirikan sekolah serupa pada 1952 di Tangerang atau yang dikenal dengan nama Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug.

sumber : Okezone




15 Responses to "SEKOLAH PILOT BANYUWANGI GRATIS, SYARATNYA LULUS SMA"

  1. Dari sma harus ambil jurusan IPA ya Pak ?

    ReplyDelete
  2. Kapan pendaftarannya untuk tahun 2014 ???

    ReplyDelete
  3. Kalau tamatan SMK(STM) jurusan tekhnik komputer & jaringan bisa tidak?

    ReplyDelete
  4. pak, persyaratannya apa saja? apakah ada nomer yang bisa saya hubungi untuk informasi lebih detailnya?

    terima kasih

    ReplyDelete
  5. Info lengkap tentang Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) di Banyuwangi, yg sekarang berganti nama menjadi Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) dapat ditanyakan langsung ke kampusnya yang terletak di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Tlp. 0333 7612-888.

    Atau klik link berikut : http://sh.st/wXzLv


    ReplyDelete
  6. Selamat siang.!!!
    Saya dari Nanggroe Aceh Darussalam,saya mau menanyakan tentang bagaimana cara pendaftaran untuk mendaftar di"SEKOLAH PILOT BANYUWANGI GRATIS".??
    Terimakasih,tolong direspon ya.!!

    ReplyDelete
  7. selamat pagi pak, saya mau tanya apakah dari lulusan smk penerbangan bisa mendaftar?
    terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan lihat infonya di http://banyuwangikab.go.id/info/info_lowongan_loka_taruna

      Delete
  8. untuk pendaftaran tahun 2015 dimulai bulan apa ??

    ReplyDelete
  9. Untuk lulusan D1/2/3 bisa.?? dan haruskah masih menggunakan ijasah sma.? Mhon infonya.

    ReplyDelete
  10. Pendaftaran tahun 2015 kapan pak???.. mohon infonya terima kasih

    ReplyDelete
  11. Slmt sore pak, persyaratan nya masuk apa saja pak? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan lihat di http://www.lp3b.ac.id/pendaftaran/persyaratan/

      Delete
  12. Nama saya prisca saya sangat berminat melanjutkan pendidikan disini namun usia saya masih 15 tahn
    apakah d tahun 2019 masih berlaku program studi ini??

    ReplyDelete
  13. Dan pak kapan pendaftaran 2019 dibuka tlg infonya y pak

    ReplyDelete