RITUAL MUDUN LEMAH SUKU OSING, PERKENALKAN BUMI KE BAYI


Ritual mudun lemah suku Osing, Banyuwangi.
 Warga Suku Using yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur memiliki cara tersendiri dalam hal mengenalkan bumi dan tanah kepada buah hatinya yang baru berusia 7 bulan.

Di wilayah ini, bagi anak yang sudah masuk usia 7 bulan, wajib dilakukan ritual yang dinamakan mudun lemah atau turun tanah. Ritual mudun lemah ini diawali dengan tarian barong serta mengarak sang bayi bersama keluarga mengelilingi kampung.

Usai diarak, pakaian bayi pun dilepas hingga tak ada sehelai benang pun sebagai gambaran bahwa setiap manusia lahir ke dunia tidak membawa apa-apa. Lucunya, agar bayi tidak menangis saat mengikuti ritual tersebut, bayi pun diajak bermain kuda-kudaan mengelilingi berbagai jajanan dan persyaratan ritual.

Selanjutnya, sang dalang yang memimpin ritual itu pun langsung membimbing bayi agar kedua kaki bayi dapat menyentuh tanah pertama kalinya.

Pada saat itu, sang dalang juga memukulkan tangannya ke tanah sebanyak 3 kali sebagai tanda salam bahwa ada manusia baru yang akan memanfaatkan bumi untuk menjalani hidup hingga meninggal nanti. Sayangnya, meski sarat dengan pesan moral, ritual ini sangat sulit ditemukan atau hampir punah.

sumber

loading...

0 Response to "RITUAL MUDUN LEMAH SUKU OSING, PERKENALKAN BUMI KE BAYI"