KEJUARAAN SELANCAR INTERNASIONAL BAKAL DIGELAR DI PULAU MERAH



Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk pertama kalinya akan menggelar lomba selancar internasional yang bertajuk Banyuwangi International Surfing Competition di Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, lomba digelar pada 24-26 Mei 2013. Ditargetkan akan diikuti peserta dari 20 negara. "Hingga saat ini baru 10 negara yang mendaftarkan diri," katanya, Kamis, 4 April 2013.

Sepuluh negara yang telah mendaftar, di antaranya Jepang, Selandia Baru, Amerika Serikat, Australia, dan sejumlah negara Eropa.

Menurut Bupati Anas, pemerintah Banyuwangi akan melibatkan masyarakat sekitar. Penginapan bagi peserta akan menggunakan rumah penduduk sehingga warga bisa memperoleh penghasilan. Dalam waktu dekat, pemerintah Banyuwangi juga akan melatih penduduk mengenai cara menerima tamu dan berkomunikasi dengan peserta dari luar negeri.

Banyuwangi International Surfing Competition ini berawal dari inisiatif para peselancar dari Bali yang tergabung dalam Blue Fin Surfing Factory dan Komunitas Pulau Merah. Inisiatif tersebut disampaikan kepada Bupati Anas pada 8 Maret 2013 lalu.

Ketua Komunitas Pulau Merah Muswandi mengatakan selama ini para peselancar dari Bali berkeinginan untuk mengembangkan Pulau Merah sebagai lokasi berselancar. Pulau Merah dinilai memiliki ombak yang cukup menantang dan suasana alamnya mirip seperti Kuta, Legian, dan Seminyak.

Selain itu, Pulau Merah menawarkan suasana yang lengkap untuk berselancar dalam kondisi ramai maupun sepi. Wilayah lautnya yang tak banyak karang dianggap lebih aman pagi para peselancar. "Potensi Pulau Merah juga menjadi selera para turis," ujar Muswandi.

Pada April 2012 lalu, Komunitas Surfing Indonesia menggelar Kontes Surfing Pro-Amatir Indonesia (Indonesia Pro-Amateur Surfing Championship) di Pulau Merah. Sebanyak 80 peserta dari Jawa dan Bali bersaing menaklukkan ombak laut selatan.

loading...

0 Response to "KEJUARAAN SELANCAR INTERNASIONAL BAKAL DIGELAR DI PULAU MERAH"