KAMPUS UNEJ CABANG BANYUWANGI, REKTOR MINTA DIBANGUN DI GENTENG


Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, MSi kembali memberikan tawaran agar Universitas Jember untuk membuka cabang di Banyuwangi. Tawaran ini langsung disampaikan kepada Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD dalam acara seminar nasional bertajuk Reformasi Birokrasi Untuk Peningkatan Public Service yang digelar di Gedung Mas Soerachman, Kampus Tegalboto  (17/4). Seminar ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi (Himaistra) FISIP Universitas Jember.

“Kami sudah menyiapkan lahan seluas 15 hektar sebagai bakal kampus Universitas Jember cabang Banyuwangi, nah tinggal kapan Universitas Jember mau membuka cabang di Banyuwangi,” kata bupati yang akrab dipanggil Anas ini. Tawaran yang kemudian disambut tepuk tangan para peserta seminar yang hadir. Menurutnya, setelah memiliki Politeknik Negeri Banyuwangi pihaknya mengharapkan agar Universitas Jember membuka cabang seperti yang dilakukan Universitas Brawijaya di Kediri.

Pembukaan perguruan tinggi negeri di Banyuwangi diharapkan dapat membuka akses dan kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak Banyuwangi untuk melanjutkan studi hingga ke bangku perguruan tinggi.  Pemerintah Banyuwangi  juga memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu untuk meneruskan kuliah melalui Program Beasiswa Banyuwangi Cerdas ke beberapa perguruan tinggi negeri termasuk Universitas Jember.

Sementara itu Rektor Universitas Jember menanggapi positif tawaran Bupati Banyuwangi. Menurut Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD jika ditilik dari sejarah Universitas Jember memang memiliki kedekatan dengan Banyuwangi. Pasalnya Universitas Jember pernah memiliki cabang di Banyuwangi, yakni Fakultas Hukum, Ekonomi dan Sastra. “Berdirinya Universitas Jember juga berawal dari universitas swasta yakni Universitas Tawang Alun, nah Tawang Alun itu nama raja di Banyuwangi,” jelasnya.

Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD menambahkan jika pembukaan Universitas Jember cabang Banyuwangi memang dimungkinkan, namun tentu saja harus dipersiapkan sematang mungkin termasuk mempertimbangkan semua hal. “Idealnya letak kampus Universitas Jember cabang Banyuwangi tidak terlalu jauh dari Jember, misanya di daerah Kalibaru atau Genteng agar tenaga pengajar bisa bolak-balik Jember – Banyuwangi dengan mudah,” ujar Rektor.


loading...

0 Response to "KAMPUS UNEJ CABANG BANYUWANGI, REKTOR MINTA DIBANGUN DI GENTENG"