CAPUNG LANGKA DITEMUKAN DI BANYUWANGI


Ilustrasi
Capung langka ditemukan di hutan Banyuwangi. Adalah Wahyu Sigit Rahadi, seorang penggiat lingkungan dari Indonesia Dragonfly Society (IDS), berhasil mengabadikan gambar capung langka berjenis Amphieaschna Ampla.

Sigit-sapaan akrabnya-melihat capung itu saat hunting foto beberapa waktu lalu untuk kepentingan riset. Awalnya tidak disadari bila capung yang dibidik dengan kamera itu adalah capung langka. Dia baru menyadari setelah konsultasi ke peneliti capung asal Inggris Rory Dow dan Vincent Kalkman, Belanda.

Menurut kedua peneliti itu, Capung jenis ini sejak 1940-2013 belum pernah terdokumentasikan. Dan kemungkinan besar foto capung hasil jepretan Sigit, gambar pertama untuk capung yang hampir punah tersebut. Dan capung Amphieaschna Ampla itu ditemukan di Banyuwangi.
"Istilah ilmiah ini new rekor dan capung ini (Amphieaschna Ampla) saya temukan di Banyuwangi. Deskrispsi capung ini juga belum ada," ungkap pria asal Solo yang juga Ketua IDS, pada wartawan, Minggu (27/1/21013).

Dia menjelaskan, kondisi hutan dan alam Banyuwangi masih sangat terjaga dengan baik membuatnya sangat yakin bahwa alam hutan banyuwangi menyimpan keragaman capung yang kaya. Secara teoritis, keberadaan capung erat kaitannya sebagai bio indikator sebuah lingkungan. Baik perairan atau hutan.

"Capung yang saya temukan itu akan hanya bisa hidup di wilayah perairan dan hutan bersih dan baik, dan alam Banyuwangi memiliki kedua hal tesebut," tegasnya sembari mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan.

Sayangnya, foto Amphieaschna Ampla punya Sigit belum bisa dipublikasikan. Dia beralasan foto tersebut masih diperlukan untuk kepentingan riset.



loading...

0 Response to "CAPUNG LANGKA DITEMUKAN DI BANYUWANGI"