BANYUWANGI-JEMBRANA JALIN KERJASAMA BANGUN WILAYAH



Pelabuhan Ketapang
Dua kabupaten bertetangga yakni Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dan Kabupaten Jembrana, Bali, menandatangani perjanjian kerjasama dalam bidang pembangunan, ekonomi dan perdagangan.

Perjanjian kerjasama dalam bentuk nota kesefahaman yang ditandatangani Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dan Bupati Jembrana, Putu Artha tersebut masih bersifat umum.

"Nanti masing-masing kepala dinas dari kedua daerah akan menindaklanjutinya dengan pembicaraan teknis," kata Kabag Humas Pemkab Jembrana, Suherman SIP MSi, Rabu (23/1).

Lima poin yang telah disekapati untuk ditindaklanjuti yakni masalah pengamanan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi-Gilimanuk Jembrana. Pengaturan bersama penduduk asal Banyuwangi yang tinggal di Jembrana dan sebaliknya.
Lainnya adalah percepatan dan kelancaran waktu tempuh transportasi di selat Bali, peningkatan industri lokal dan pemasarannya di kedua daerah, serta pengembangan pariwisata dan budaya.

Yang paling menarik dari kesepakatan yang di tuangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) itu, adalah rencana Bupati Anas yang mengadakan percepatan waktu tempuh antara Banyuwangi - Bali yang rencananya menggunakan Kapal Cepat.

 “Kerja sama ini sangat penting, mengingat letak geografis dan aspek sejarah antara Banyuwangi – Bali yang sangat mirip. Apalagi dalam masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3I), Banyuwangi tak lagi masuk Jawa tapi masuk koridor Bali dan Nusa Tenggara. Ini artinya Banyuwangi diproyeksikan sebagai daerah penyangga industri, mengingat Bali dan Nusa Tenggara diarahkan pengembangan pariwisata,” jlentreh Bupati dihadapan petinggi Jembrana.

Sebagai langkah pertama yang akan dilakukan, lanjut Bupati Anas, Pemkab Banyuwangi akan membuat kapal cepat guna melipat jarak antara Banyuwangi – Bali. Kapal itu nanti diperkirakan hanya memakan waktu 10 – 15 menit untuk bisa mengarungi Selat Bali. “Rencana pengadaan kapal akan segera dilakukan tahun ini juga,” ujar Bupati.


loading...

0 Response to "BANYUWANGI-JEMBRANA JALIN KERJASAMA BANGUN WILAYAH"