KESAMAAN BANDUNG DAN BANYUWANGI


Tujuh bulan sudah saya meninggalkan kota gandrung. Saya merantau di ibukota Provinsi Jawa Barat yaitu Bandung  untuk melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi disana. Waktu tujuh bulan terasa begitu cepat karena disibukkan dengan kegiatan di kampus dan sebentar lagi libur semester I tiba, otomatis akan kembali ke kampung halaman tercinta. Tetapi waktu tujuh bulan itu juga saya manfaatkan untuk mengenal habitat baru saya agar bisa beradaptasi nantinya. Ya, habitat baru di sebuah kota metropolitan, Bandung.

Ternyata Bandung dan Banyuwangi itu tak jauh beda. Banyak indikasi yang membuat saya berkata kedua kota ini mirip. Menurut saya sangat menarik sekali untuk menuliskan kemiripan yang dimiliki oleh kedua kota ini. 
Pertama, nama kedua kota sama-sama berawalan huruf B.
Kedua, kedua kota berada di Pulau Jawa. Yang membedakan Bandung berada di Provinsi Jawa Barat dan Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Tetapi ada sebuah hubungan yaitu timur dan barat merupakan antonim. 

Ketiga, nama Kota Bandung berasal dari kata bendung atau bendungan. Kita ketahui bahwa bendungan itu berhubungan dengan air atau banyu. Selain itu nama-nama tempat di Bandung kebanyakan menggunakan awalan ci yang berasal dari bahasa Sunda cai (air atau sungai) seperti Cicaheum, Cisitu, Cimindi, Cileunyi, Ciroyom, dan lain-lain. Ini baru hubungan Bandung dan Banyuwangi dari segi kata banyu. Selanjutnya dari segi kata wangi. Kota Bandung dari dulu terkenal sebagai kota kembang. Jika kita berbicara tentang bunga atau kembang, pasti yang terlintas pertama kali di pikiran kita adalah bunga itu harum atau wangi. Hal ini berarti secara tidak langsung kedua kota mempunyai kemiripan dari segi etimologi.


Keempat, jika kita pergi ke Alun-Alun Blambangan, di sebelah barat dari alun-alun terdapat sebuah bangunan yaitu Gedung Seni Budaya atau lebih dikenal Gesibu. Nah, ternyata di Bandung juga ada tempat yang namanya mirip dengan Gesibu, yaitu Gasibu. Gasibu merupakan akronim dari Gabungan Sepak Bola Indonesia Bandung Utara. Cuma kalau Gesibu itu merupakan sebuah bangunan atau gedung, sedangkan Gasibu merupakan sebuah lapangan yang sedikit lebih luas dari lapangan sepak bola yang letaknya persis di depan Gedung Sate.

Itulah beberapa kemiripan dari kota Bandung dan Banyuwangi. Semoga kedua kota bisa belajar satu dengan yang lain tentang pencapaian prestasi dari masing-masing kota.



loading...

0 Response to "KESAMAAN BANDUNG DAN BANYUWANGI"