BANYUWANGI SERIUS GARAP ECOTOURISM


Pemkab Banyuwangi bekerjasama dengan Kementrian Kehutanan (Kemenhut) dan Perhutani serius menggarap sektor ecotourism. Kerja sama ini pertama kali yang dilakukan Kemenhut dengan Pemerintah Daerah dalam bidang pariwisata.

Kerjasama ditandatangani Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas dengan Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA), Darori serta Direktur Utama Perum Perhutani, Bambang Sukmananto.

Sejatinya kerjasama ini sudah lama digagas Bupati Anas dengan Menhut Dzulkifli Hasan. Namun pelaksanaan penandatanganan nota kesepahaman baru terlaksana pada 21 Desember 2012.

Kerjasama tersebut meliputi pengembangan pariwisata alam kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Meru Betiri dan kawasan wisata lainnya.

Pemkab Banyuwangi juga sudah mengesahkan Perda (Peraturan Daerah) Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan sebagai payung hukum. Pengembangan pariwisata di bumi Blambangan lebih difokuskan pada ecotourism.

"Kerja sama dengan Kemenhut dan Perhutani, ini merupakan pintu masuk dalam penyusunan master plant pengembangan ecotourism," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Memang tepat bila pariwisata di Banyuwangi difokuskan ke wisata alam (ecotourism). Daerah yang berjuluk the sunrise of java ini miliki potensi alam yang luar biasa. Laut, Gunung, hutan menjadi perpaduan pemandangan alam yang jarang dimiliki wilayah lainnya.


loading...

0 Response to "BANYUWANGI SERIUS GARAP ECOTOURISM"