YUK, NONTON WARNA-WARNI BANYUWANGI ETHNO CARNIVAL DI AKHIR PEKAN INI


Banyuwangi Ethno carnival 2012
Liburan panjang akhir pekan ini, jangan lewatkan menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang akan berlangsung pada Minggu (18/11/2012)  di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Blambangan akan menjadi titik start parade busana tersebut.

"Banyuwangi Ethno Carnival ini yang diangkat lebih ke budaya etnis," ungkap Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, pada jumpa pers "Banyuwangi Festival" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (14/11/2012).

Senada dengan Sapta, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menuturkan bahwa tema yang diangkat adalah Re-Barong Using. Ia menjelaskan di Banyuwangi ada sebuah kesenian yaitu Barong.
"Ini berbeda dengan Bali, walau mirip. Barong menjadi salah satu kesenian yang dimiliki Banyuwangi," ungkapnya.

Ia menambahkan para peserta nantinya akan mengenakan kostum yang bertemakan Barong. Tentu saja terjadi proses modifiasi untuk kebutuhan karnival, namun pada dasarnya bernuansa Barong.
Kegiatan ini sengaja digelar oleh pemerintah daerah untuk menjembatani antara modernitas dengan seni budaya tradisional khas Banyuwangi. Tahun ini, BEC merupakan kali kedua diselenggarakan.

Acara ini cocok bagi Anda yang merupakan penggemar karnival, pecinta budaya, sampai pehobi fotografi. Parade akan dilaksanakan mulai pukul 12.30 sampai 15.30 WIB. 

Catatlah rute parade berikut ini yaitu dimulai dari Jalan Veteran di Taman Blambangan, lalu berlanjut ke Jalan Diponegoro, selanjutnya ke Jalan  Dr.Sutomo, ke Jalan Ahmad Yani, dan berakhir di Kantor Bupati Banyuwangi.

Dengan mengangkat tema "Re-Barong Using", nuansa didominasi oleh 3 warna dasar, yakni merah, hijau, dan kuning. Rangkaian BEC tersebut diawali dengan parade opening defile. Nantinya akan tampil pula Tari Gandrung kolosal, Barong Using asli yang lengkap dengan pengiringnya.

Ayo, ke Banyuwangi!



1 Response to "YUK, NONTON WARNA-WARNI BANYUWANGI ETHNO CARNIVAL DI AKHIR PEKAN INI"

  1. Mantap, yang pasti warga Laros jangan sampai ketinggalan nonton BEC.

    ReplyDelete