SENIMAN LOKAL PROTES BEC



Sejumlah seniman dan budayawan Banyuwangi protes keras ke Event Organizer (EO) Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).

Mereka menuding konsep kostum dengan tema re-Barong Using dianggap melenceng jauh dari pakem dan tradisi Kesenian Barong Using itu sendiri.

"Kita sempat kaget, setelah melihat kostum peserta BEC ternyata jauh dari pakem Barong selama ini", kata salah satu Seniman Banyuwangi, Karyono (29/10/2012).

Masalah pilihan warna kostum yang menjadi perhatian serius dari Budayawan. Karena warna pada Barong dianggap mencerminkan kegarangan Kesenian Barong. Para seniman juga menolak penggunaan warna yang hanya mengenjar nilai estetik, tanpa memperhatikan etik.

"Barong itu kan dominasi warna merah, sebagai symbol kegarangan. Masak ada barong warna pink, karena pembawa barong kebetulan banyak perempuan", kritik Karyono.

Selain itu, rencana musik pengiring saat dilakukan karnaval juga tak luput dari protes seniman dan budayawan. Konsep awal dari Dinas Fariz sebagai pemilik franchise dari Jember Fashion Carnival (JFC), akan menggunakan musik rekaman dan semua elektrik.

Namun para seniman dan Budayawan tidak berkenan. Sebab hal itu justru akan menjauhkan Kesenian Barong dari bentuk aslinya. Pihak EO BEC-2 didesak harus menggunakan musik live dengan melibatkan banyak seniman asli. Sehingga nuansa Barongnya tidak hilang.

"Apalagi Banyuwangi itu gudangnya pemusik tradisional, masak hanya untuk mengiringi karnaval saja harus mendatangkan music masik dan rekaman lagi," masih kata Karyono.

Protes tersebut, sambung Karyono, sudah disampaikan kepada Dinas Faris, selaku EO BEC-2 serta Dinas Pariwisata Banyuwangi, beberapa hari lalu. Protes disampaikan secara langsung bersama sejumlah seniman dan budayawan lainnya.

Mereka yang melayangkan protes yakni, Hasnan Singodimayan (Budayawan), Samsudin Adlawi (Penyair), Andang Chotib Yusuf (Budayawan dan pengarang Syair Lagu Banyuwangi), Fatah Yasin Noor (Penyair), H. Sutejo (Budayawan) dan Abdullah Fauzi (Penyair).

BEC tahun ini akan digelar 18 November mendatang dan merupakan pagelaran yang kedua.



loading...

0 Response to "SENIMAN LOKAL PROTES BEC"