TOUR DE IJEN DIANGGARKAN 16 MILIAR


Tour de Ijen yang digelar Pemerintah Banyuwangi pada Desember 2012 mendatang bakal menelan anggaran hingga Rp 16,2 miliar. Anggaran tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2012 serta Perubahan APBD 2012.

Anggaran sebesar itu digunakan untuk perbaikan jalan sebesar Rp 14,2 miliar dan pelaksanaan acara Rp 2 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Banyuwangi, Mujiono, mengatakan jalan yang diperbaiki mencapai sepanjang 300 kilometer. Jalan ini memang menjadi rute lomba reli tersebut.

Rute yang dilalui terbagi dalam tiga etape. Etape pertama mulai Banyuwangi kota-Kecamatan Songgon-Pulau Merah. Etape kedua berada di seputar Banyuwangi kota. Adapun etape ketiga dimulai Banyuwangi kota hingga Pos Paltuding Gunung Ijen.

Menurut Mujiono, perbaikan jalan di etape pertama menelan anggaran Rp 7 miliar, sedangkan etape ketiga Rp 7,2 miliar. "Etape kedua tidak ada perbaikan jalan karena jalannya sudah bagus," katanya, Senin, 10 September 2012.

Seluruh perbaikan jalan, kata dia, sudah harus rampung pada November mendatang. Saat ini Pemkab bersama DPRD setempat masih membahas draft Perubahan APBD 2012.

Dari Rp 16,2 miliar anggaran yang dibutuhkan, sebesar Rp 3,2 miliar sudah dianggarkan pada APBD 2012. "Sisanya kita ajukan ke Perubahan APBD," katanya.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, optimistis kegiatan tersebut berdampak besar untuk mendongkrak pariwisata dan ekonomi Banyuwangi. "Kita mengejar ketertinggalan dengan kabupaten tetangga seperti Jember yang punya acara Bulan Berkunjung Jember," kata dia.

Anggota DPRD Banyuwangi, Suminto, menyayangkan acara tersebut muncul secara mendadak sehingga menyedot anggaran yang besar dari Perubahan APBD 2012.

Seharusnya, kata dia, jika perencanaan pemerintah baik, maka kegiatan tersebut diajukan di awal tahun anggaran. "Kalau seperti ini namanya tergesa-gesa," kata dia.


sumber

loading...

0 Response to "TOUR DE IJEN DIANGGARKAN 16 MILIAR"