BEASISWA BANYUWANGI CERDAS 2012


Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tahun ini akan memberikan beasiswa berupa kuliah gratis bagi 50 orang lulusan sekolah lanjutan tingkat atas ke Universitas Jember dan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Jember. Untuk membiayainya, telah disiapkan dana Rp 600 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Program kuliah gratis ini hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu, namun berprestasi

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Banyuwangi, Suratno, mengatakan kuota kuliah gratis tahun ini naik dibandingkan tahun lalu, yakni 24 orang. Penambahan kuota demi mendorong program Banyuwangi Cerdas yang dicanangkan pemerintah Banyuwangi. "Harapannya semakin banyak pelajar Banyuwangi yang bisa kuliah," katanya, Kamis, 12 Juli 2012.

Suratno menjelaskan program kuliah gratis ini hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu, namun berprestasi. Pemerintah, kata dia, menanggung biaya kuliah selama empat tahun atau hingga lulus.

Calon mahasiswa bisa memilih semua jurusan yang terdapat di kedua perguruan tinggi tersebut, kecuali jurusan kedokteran umum dan kedokteran gigi. Kedua jurusan tersebut, selain karena terlalu mahal, juga kuotanya telah penuh terisi.

Saat ini pemerintah Banyuwangi telah membuka pendaftaran online bagi calon mahasiswa yang ingin memanfaatkan fasilitas kuliah gratis tersebut. Mereka harus mengikuti seleksi tes tulis dari Universitas Jember dan STAIN Jember pada 16 Juli mendatang.

Menurut Suratno, kuota untuk masing-masing perguruan tinggi akan ditentukan setelah pendaftaran ditutup pada Sabtu mendatang, 14 Juli. "Saat ini sudah ada 400 orang yang mendaftar," ujarnya.

Program kuliah gratis sudah dimulai sejak 2011 lalu setelah pemerintah Banyuwangi melakukan kerja sama dengan Universitas Jember dan STAIN Jember.


BEASISWA BANYUWANGI CERDAS STAIN JEMBER

JURUSAN PENDIDIKAN ISLAM (TARBIYAH)
Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Prodi Kependidikan Islam (KI)
Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

JURUSAN HUKUM ISLAM (SYARI'AH)
Prodi Hukum Keluarga dan Perdata Islam (Ahwal Syakshiyah/AS)
Prodi Ekonomi dan Perbankan Islam (Muamalah)

JURUSAN KOMUNIKASI ISLAM (DAKWAH)
Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Prodi Tafsir Hadits (TH)

PERSYARATAN PENDAFTARAN
1.    Membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 ke Bank BRI di Banyuwangi Nomor Rekening. 0021-01-000800-30-9 (a.n. STAIN Jember)
2.      Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan: Bukti pembayaran
3.      pendaftaran dari Bank
4.      Pas photo terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar
5.  Melampirkan Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari Madrasah/Sekolah (untuk lulusan 2011) atau dari Kepolisian (untuk lulusan sebelum 2011). Khusus SKKB bisa diserahkan setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus seleksi.
6.   Melampirkan salinan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisir (Maksimal lulusan tahun 2007)
7. Menyerahkan Kartu Keluarga Miskin (Gakin)/Keterangan Tidak Mampu dari kepala desa/lurah diketahui camat.



 Sumber : Tempo ,   PemkabBanyuwangi





























loading...

0 Response to "BEASISWA BANYUWANGI CERDAS 2012"