MASUK UNEJ LEWAT BANYUWANGI CERDAS


Sebanyak 148 siswa siswi peserta Program Banyuwangi Cerdas 2012 bersaing untuk masuk Universitas Jember. Mereka mengikuti tes Ujian Masuk Universitas Jember (UM UNEJ) Gelombang I yang diselenggarakan di SMA Negeri I Glagah (16/7). Mereka terdiri dari 74 peserta kelompok ujian IPA dan sisanya peserta kelompok ujian IPS. Program Banyuwangi Cerdas adalah program beasiswa kuliah di perguruan tinggi bagi siswa siswi Banyuwangi yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi. Program Banyuwangi Cerdas adalah program yang digagas oleh Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, MSi.

Pelaksanaan tes UM UNEJ di SMA Negeri I Glagah diawasi langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, MM. Menurut Suratno, MM awalnya ada 540 siswa siswi yang berminat mengikuti Program Banyuwangi Cerdas tahun ini, namun setelah diseleksi tinggal 200-an peserta. Program Banyuwangi Cerdas 2012 memberikan kesempatan bagi siswa siswi Banyuwangi untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Jember, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember dan Universitas Brawijaya, Malang.

Dalam ujian di SMA Negeri I Glagah, para peserta mengerjakan soal yang sama dengan yang dikerjakan oleh peserta lain yang mengikuti UM UNEJ di Kampus Tegalboto, Universitas Jember. Jam pertama mengerjakan ujian kemampuan bahasa. Sedangkan pada jam kedua mereka wajib menyelesaikan soal-soal kemampuan IPA bagi peserta kelompok ujian IPA dan kemampuan IPS bagi peserta kelompok ujian IPS.

Bagi siswa siswi Banyuwangi yang lolos tes UM UNEJ selanjutnya akan melanjutkan kuliah di Kampus Tegalboto dengan biaya dari Pemkab Banyuwangi selama delapan semester. Selain mendapatkan biaya kuliah, mereka juga akan mendapatkan biaya hidup.

Sementara itu ketua tim pelaksana UM UNEJ untuk Banyuwangi Cerdas, Soedjito, PhD mengharapkan terobosan Bupati Banyuwangi, H. Abdullah Azwar Anas, MSi melalui program Banyuwangi Cerdas diikuti oleh daerah-daerah lain sehingga kesempatan bagi anak bangsa untuk mengikuti kuliah lebih terbuka lebar. Untuk diketahui, tahun lalu ada 12 siswa siswi dari Banyuwangi yang menuntut ilmu di Kampus Tegalboto melalui program Banyuwangi Cerdas.


Sumber : Unej


1 Response to "MASUK UNEJ LEWAT BANYUWANGI CERDAS"

  1. Informasinya sangat bermanfaat, berikut ini ada Contoh soal psikotes,
    download tutorial photoshop, dan download blogger templates seo responsive.

    ReplyDelete