PLENGKUNG, SURGA WISATA SURFING KELAS DUNA


  Plengkung atau g-land, surganya surfing
Terlintas untuk belajar menunggangi ombak selama akhir pekan ini? Tak perlu jauh-jauh mengunjungi Hawaii atau Australia untuk mencoba memecah ombak nan ganas. Banyuwangi memiliki Pantai Plengkung dengan gulungan ombak mencapai 6 meter dalam formasi 7 gelombang bersusun.

Untuk menuju pantai Plengkung atau G-Land, jalur terdekat yang bisa Anda tempuh adalah menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali. Dalam hitungan 30 menit Anda sudah bisa tiba di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Perjalanan belum berakhir karena untuk menuju Pantai Grajagan, Anda harus melalui jalur darat selama 3 jam.
Setibanya di Pantai Grajagan, masih ada 15 menit lagi waktu yang Anda butuhkan untuk menyeberang ke Pantai Plengkung. Perjalanan menuju Pantai Plengkung memang melelahkan, tapi setibanya disana, semua lelah Anda akan terbayar lunas.

Perahu khas di pantai Grajagan
Di Pantai Grajagan, perahu-perahu khas Banyuwangi yang sandar setelah mereka mengelilingi perairan selatan Jawa. Sangat khas. Kalau boleh ditelisik lebih jauh kapal-kapal yang dikenal dengan nama kapal slerek ini berukuran besar 24 empat meter x 5 meter. Harga per satu perahu kabarnya bisa mencapai Rp 500 juta.

Selain ukurannya yang besar, perahu ini juga memiliki hiasan khas yang ramai. Warna-warni, semarak, plus lukisan tokoh yang menjadi panutan para nelayan. Hal lain yang tak kalah unik, kapal ini tidak berlayar sendiri. Kapal slerek selalu berlayar menangkap ikan secara berpasangan. Sepasang perahu ini dikenali karena berwarna dasar sama.
Ukuran perahu besar dan kecil. Perahu besar adalah kapal lelaki yang akan membawa nelayan yang jumlahnya puluhan orang. Sementara yang lebih kecil adalah perahu perempuan, tugasnya mengiringi perjalanan perahu besar, dan menjadi angkutan bagi tangkapan perahu lelaki.

Plengkung atau G-land berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, JawaTimur. Di tengah hutan, di pesisir pantai, terdapat sejumlah resort. Penginapan di G-Land didominasi para surfer asal mancanegara. Namun, penyuka pantai dan wisata alam juga akan menemukan nirwana tersembunyi di G-Land. Pasir putih keemasan berkilau, air laut biru yang segar, langit cerah dan yang utama bebas polusi.

Ombak G-Land menjadi incaran surfer dunia karena bentukan ombak yang pecah setelah satu hingga dua kilo meter dari arah timur ke barat dengan ketinggian ombak mencapai empat sampai enam meter dalam interval lima menit. Sehingga para surfer bisa menikmati gulungan ombak lebih lama.
Selain itu, formasi ombak raksasa yang datang susul menyusul kearah kiri berlapis hingga tujuh lapis. Tunggangan yang mengasyikkan bagi peselancar dunia. Ombak idaman, mereka menyebut begitu.

Ada beberapa spot yang bisa Anda pilih sebagai lokasi surfing anda. Kong, money tree, fan tgree, speedy, dan tiger track. Temukan keunikan masing-masing spot, dan tentukan mana yang menjadi favorit Anda. Bagi pemula yang ingin mencoba berselancar, cobalah untuk memilih spot tiger track. Ombaknya sedang, relatif aman bagi calon peselancar. Tetap hati-hati, karena ombak sedang, cenderung dangkal, berisiko terantuk karang tajam.

Grandong, kendaraan khas g-land
Kesenangan sudah di mulai dari jalan menuju spot tiger track tidak mulus. Kendaraan yang umum dipakai adalah grandong. Kendaraan roda empat khas G-Land.
Tubuh anda bisa terempas ke kanan, ke kiri. Karena roda mobil mengikuti kontur tanah hutan Alas Purwo yang bergelombang. Tapi perjalanan dengan grandong justru menjadi pengalaman yang seru. Menumpang truk di tengah hutan yang didominasi pohon bambu nan rimbun sungguh sensasi tersendiri, lho. Merasakan sensasi terhempas ke kanan dan kiri. Seruuuu....!

Lima belas menit perjalanan dalam hutan Alas Purwo, sampailah Tiger Track. Lokasi masih menjadi bagian pantai Plengkung atau G-Land. Spot Tiger Track memiliki panorama yang memesona. Pasir putih di bibir pantai langsung bertemu dengan karang keras. Sebaran karang dihuni bintang laut, kerang laut, serta suburnya ganggang laut. Sesekali burung bangau berjemur di tengah karang. Sungguh ciptaan maha sempurna.

Senja di Plengkung


Sumber : 
- http://travel.kompas.com/read/2012/06/16/14142332/Menantang.Ombak.Grajagan#
- http://travel.kompas.com/read/2012/06/15/08273583/Yuk.Menikmati.Gulungan.Ombak.di.Plengkung

loading...

0 Response to "PLENGKUNG, SURGA WISATA SURFING KELAS DUNA"