AJAK SISWA SD PEDULI SAMPAH MELALUI TABUNGAN SAMPAH


                                                                        (seru.com)
Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) kabupaten Banyuwangi, mengajak siswa Sekolah Dasar (SD) untuk peduli soal sampah melalui  program Tabungan Lingkungan.
"Yang dimaksud dengan Program Tabungan Lingkungan adalah murid-murid SD diminta untuk membawa sampah ke sekolah tiap hari Sabtu" Ujar Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Drs Arief Setiawan, senin (14/5) lalu.

Selanjutnya, pada hari yang sama tepat pukul 6.30 WIB petugas dari DKP akan mengambil sampah yang telah terkumpul tersebut.  Di situ juga petugas akan melakukan pemilahan terhadap sampah organik dan anorganik dan langsung ditimbang beratnya. Setelah ditimbang, sampah organik langsung dibawa ke rumah kompos terdekat untuk diolah. Sedangkan sampah anorganiknya akan dijual.
     
Satu minggu kemudian, petugas DKP akan datang kembali ke sekolah-sekolah untuk mengembalikan sampah organik dalam bentuk kompos agar bisa dimanfaatkan. Sedangkan sampah anorganik akan diganti dengan uang sesuai timbangannya. “Dan uang hasil timbangan sampah akan digunakan untuk  menambah pembelian pupuk atau bunga yang ada disekolah tersebut,” ujar Arief.

Selama ini sampah dari siswa yang diambil seminggu sekali diangkut dengan menggunakan mobil pick-up dan diolah di rumah kompos terdekat.  Di kecamatan Banyuwangi ada 4 rumah kompos yang tersebar di kelurahan Kampung Ujung, Karangrejo, Sobo dan Kebalenan. “Kedepan kami akan melatih bagaimana sekolah belajar untuk mengelola sampahnya sendiri,” tandas Arief.

Kepala Sekolah SDN Kebalenan, Hj Setianingsih,  mengungkapkan program tabungan ini sangat bermanfaat bagi sekolah. Karena sampah tidak lagi menumpuk, malahan bisa menghasilkan uang tambahan dan pupuk kompos. Setianingsih mengaku pupuk kompos yang diberikan digunakan untuk memupuk tanaman di halaman sekolah. Sementara  hasil uangnya digunakan untuk mendukung kegiatan green and clean di sekolah. 


sumber : wartapedia


loading...

0 Response to "AJAK SISWA SD PEDULI SAMPAH MELALUI TABUNGAN SAMPAH"