BUPATI BANYUWANGI HARAPKAN UNEJ BUKA FAKULTAS DI BANYUWANGI


Kerjasama Pemkab Banyuwangi dan Unej.
Bupati Banyuwangi H. Abdullah Azwar Anas, MSi mengharapkan Universitas Jember membuka fakultas di Banyuwangi. Harapan ini disampaikan langsung kepada Rektor Universitas Jember, Drs. Moch. Hasan, MSc., PhD  pada saat acara penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Universitas Jember dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi di Gedung Rektorat R. Achmad hari Senin (23/4).

Menurut Bupati yang menghabiskan masa SMA-nya di Jember ini, pemerintah Banyuwangi berjanji akan menyiapkan tanah bakal kampus jika Universitas Jember membuka fakultas di Banyuwangi. “Jika Universitas Brawijaya membuka fakultas di Kediri, mengapa Universitas Jember tidak melakukan hal yang sama,” jelas H. Abdullah Azwar Anas,. MSi.

Bupati kemudian menjelaskan alasannya mengundang Universitas Jember membuka fakultas di Banyuwangi. Menurutnya Banyuwangi kaya akan sumber daya alam, namun kekayaan ini tidak akan mampu dikelola dengan baik jika kualitas sumber daya-nya tidak terdidik. “Saya memandang perlu bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya perguruan tinggi untuk mendorong percepatan pembangunan di Banyuwangi,” katanya lagi.

Untuk diketahui, Pemkab Banyuwangi sejak tahun lalu melalui program Banyuwangi Cerdas mengirimkan siswa siswi berprestasi namun dari kalangan tidak mampu untuk kuliah di Universitas Jember dengan biaya penuh dari Pemkab Banyuwangi. Tahun lalu ada sudah ada 12 mahasiswa peserta program Banyuwangi Cerdas yang belajar di Kampus Tegalboto. Mereka mendapatkan beasiswa selama empat tahun dan biaya hidup enam ratus ribu per bulannya.

Tawaran H. Abdullah Azwar Anas, MSi mendapatkan tanggapan positif dari Drs. Moch. Hasan, MSc., PhD. Menurutnya perlu kajian mendalam untuk membuka fakultas di Banyuwangi sebab jangan sampai nantinya setelah membuka fakultas di Banyuwangi malah tidak ada yang mendaftar atau akan menutup peluang perguruan tinggi swasta di Banyuwangi untuk mendapatkan mahasiswa.

Kerjasama yang dijalin antara Universitas Jember dengan Pemkab Banyuwangi meliputi  bidang pendidikan dan pelatihan, penelitian, pemberdayaan masyarakat, pengembangan dan penerapan Ipteks dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui resource sharing SDM yang dimiliki masing-masing pihak. Kerjasama konkrit yang akan segera dilakukan adalah tindak lanjut program Banyuwangi Cerdas serta mengundang pakar hukum Fakultas Hukum Universitas Jember guna mengkaji berbagai peraturan di Banyuwangi.

Setelah acara penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Universitas Jember dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Bupati H. Abdullah Azwar Anas, MSi menyempatkan diri berdialog dengan dosen Universitas Jember yang berasal dari Banyuwangi. Dalam acara dialog yang berjalan gayeng ini, para dosen asli Banyuwangi menyatakan kesiapannya membantu Pemkab Banyuwangi. Seperti yang diungkapkan Prof. Dr. maryono dari FKIP dan Pembantu Dekan III Fakultas Sastra, Drs. Hadiri, MA.

Sumber: unej

loading...

0 Response to "BUPATI BANYUWANGI HARAPKAN UNEJ BUKA FAKULTAS DI BANYUWANGI"