SEMEN GRESIK BANGUN PACKING PLANT DI BANYUWANGI


Tahun ini PT Semen Gresik [persero] Tbk (SMGR) membangun 4 packing plant di kawasan Indonesia Timur. Yakni di Banyuwangi, Sorong Kendari dan Banjarmasin. Pembangunan packing plant ini mampu meningkatkan efisiensi biaya distribusi perseroan hingga 40 persen.

"Sebelumnya biaya pengiriman semen melalui darat dari pabrik di Tuban ke kawasan timur sekitar Rp 180 ribu per ton. Namun kini adanya packing plant pengiriman melalui kapal curah biaya ditekan menjadi Rp 120 ribu per ton, jadi hemat 40 persen," kata Direktur Litbang dan Operasional SMGR Suharto di sela peresmian packing plant di Banyuwangi, Selasa (28/2).

Selain itu lanjut Suharto, efisiensi waktu pengiriman bisa sepuluh kali lipat. Perbandingannya melalui darat volume pengiriman hanya bisa terangkut 6 ton, sedangkan dengan kapal curah bisa mencapai 6000 ton dalam waktu yang sama yakni sekitar 2 hari.

"SMGR berencana membangun 17 packing plant di kawasan seluruh Indonesia hingga 2015. Sehingga total nantinya menjadi 35 unit. Pembangunan packing plant ini sebagai antisipasi terhadap peningkatan produksi yang pada akhir 2012 mencapai 25,2 juta ton per tahun. Dan tahun 2015 menjadi 30 juta ton/tahun," katanya.

Untuk packing plant ke-19 di Ketapang Banyuwangi ini memiliki kapasitas seebesar 300 ribu ton semen per tahun dengan investasi sekitar Rp 120 miliar. Packing plant ini dilengkapi dermaga khusus dengan kapasitas 10.000 dwt dan satu buah packing machine berkapasitas 2.400 bag/jam.

"Investasi untuk satu unit packing plant sekitar Rp 100 miliar, jadi total perseroan mengalokasikan investasi sekitar 1.7 triliun," katanya.


Sumber : Surabayapagi

loading...

0 Response to "SEMEN GRESIK BANGUN PACKING PLANT DI BANYUWANGI"